PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN MATERI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI FIQIH DI MTS PONDOK PESANTREN AL-HUSNA KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahri, Sahri
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.author Hakim, Lutful
dc.date.accessioned 2023-09-15T03:26:49Z
dc.date.available 2023-09-15T03:26:49Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3700
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan guru dalam menjelaskan materi dimana jika guru mampu menciptakan suasana yang kreatif dan inovatif maka akan meningkatkan mitivasi belajar siswa yang pada akhirnya berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, keterampilan guru dalam menjelaskan materi jika dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang benar maka dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam meyampaikan materi terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada Materi Fiqih di MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk meneliti hal tersebut digunakan metode deskriptif dalam bentuk penelitian berupa studi pengaruh (determination studies) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi non partisipan, teknik pengukuran dan studi dokumen. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini adalah: 1) Keterampilan guru dalam menjelaskan materi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 25,2%. 2) Aktivitas belajar peserta didik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 22,4%. 3) Keterampilan guru dalam menjelaskan materi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 13%. 4) Keterampilan guru dalam menjelaskan materi dan aktivitas belajar peserta didik secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 60,6%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan Guru dalam menjelaskan materi en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject n Hasil Belajar Peserta didik en_US
dc.title PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN MATERI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI FIQIH DI MTS PONDOK PESANTREN AL-HUSNA KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account