| dc.contributor.advisor | Sahri, Sahri | |
| dc.contributor.advisor | Yapandi, Yapandi | |
| dc.contributor.author | Hakim, Lutful | |
| dc.date.accessioned | 2023-09-15T03:26:49Z | |
| dc.date.available | 2023-09-15T03:26:49Z | |
| dc.date.issued | 2023-01 | |
| dc.identifier.uri | https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3700 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan guru dalam menjelaskan materi dimana jika guru mampu menciptakan suasana yang kreatif dan inovatif maka akan meningkatkan mitivasi belajar siswa yang pada akhirnya berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, keterampilan guru dalam menjelaskan materi jika dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang benar maka dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam meyampaikan materi terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada Materi Fiqih di MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk meneliti hal tersebut digunakan metode deskriptif dalam bentuk penelitian berupa studi pengaruh (determination studies) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi non partisipan, teknik pengukuran dan studi dokumen. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini adalah: 1) Keterampilan guru dalam menjelaskan materi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 25,2%. 2) Aktivitas belajar peserta didik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 22,4%. 3) Keterampilan guru dalam menjelaskan materi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 13%. 4) Keterampilan guru dalam menjelaskan materi dan aktivitas belajar peserta didik secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 60,6%. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | IAIN Pontianak | en_US |
| dc.subject | Keterampilan Guru dalam menjelaskan materi | en_US |
| dc.subject | Aktivitas Belajar | en_US |
| dc.subject | n Hasil Belajar Peserta didik | en_US |
| dc.title | PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN MATERI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI FIQIH DI MTS PONDOK PESANTREN AL-HUSNA KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |