dc.contributor.advisor |
Sahri, Sahri |
|
dc.contributor.advisor |
Yapandi, Yapandi |
|
dc.contributor.author |
Hakim, Lutful |
|
dc.date.accessioned |
2023-09-15T03:26:49Z |
|
dc.date.available |
2023-09-15T03:26:49Z |
|
dc.date.issued |
2023-01 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3700 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan guru dalam
menjelaskan materi dimana jika guru mampu menciptakan suasana
yang kreatif dan inovatif maka akan meningkatkan mitivasi belajar
siswa yang pada akhirnya berpengaruh terhadap aktivitas belajar
dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, keterampilan guru
dalam menjelaskan materi jika dilakukan dengan baik dan sesuai
dengan prosedur yang benar maka dapat meningkatkan aktivitas
belajar peserta didik yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh keterampilan guru dalam meyampaikan materi terhadap
aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada Materi
Fiqih di MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun
Pelajaran 2020/2021.
Untuk meneliti hal tersebut digunakan metode deskriptif dalam
bentuk penelitian berupa studi pengaruh (determination studies)
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu
peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik observasi non partisipan, teknik pengukuran dan
studi dokumen. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan
menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Keterampilan guru dalam menjelaskan
materi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Husna
Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh
sebesar 25,2%. 2) Aktivitas belajar peserta didik berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik
kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun
Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 22,4%. 3)
Keterampilan guru dalam menjelaskan materi berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII
MTs Pondok Pesantren Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran
2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 13%. 4) Keterampilan
guru dalam menjelaskan materi dan aktivitas belajar peserta didik
secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren
Al-Husna Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh sebesar 60,6%. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN Pontianak |
en_US |
dc.subject |
Keterampilan Guru dalam menjelaskan materi |
en_US |
dc.subject |
Aktivitas Belajar |
en_US |
dc.subject |
n Hasil Belajar Peserta didik |
en_US |
dc.title |
PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN MATERI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI FIQIH DI MTS PONDOK PESANTREN AL-HUSNA KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |