MODERASI PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DZAL HAJRA KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mukti, Abdul
dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.author Faruki, Faruki
dc.date.accessioned 2023-09-14T07:40:33Z
dc.date.available 2023-09-14T07:40:33Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3694
dc.description.abstract Pondok pesantren Dzal Hajra Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat merupakan pesantren yang proses pendidikannya sebagai proses humanisasi sekaligus moderasi pada generasi penerus, dalam hal ini santri yang sedang belajar menimba ilmu di Pesantren Dzal Hajra. Pendidikan di pesantren Dzal Hajra mulai dari Pendidikan formal meliputi PAUD Tahfidzulquran dzalhajra, Madrasah Diniyah Salafiyah, Dari aspek lain misalnya, kegiatan ekstra kurikuler mulai dari Tahfidzul Qur’an, Khitobah (latihan dan lomba pidato dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris), Qosidah, Kaligrafi, Majalah Dinding, Komputer, Olahraga, Keterampilan dan Pertanian. Dalam konteks sosial kemasyarakatan Pesantren Dzal Hajra memberi perhatian melalui pengembangan ekonomi masyarakat, pendidikan penyadaran, civic education, advokasi kebijakan, kajian dan conflict resolution. Dari latar belakang di atas maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai moderasi dalam pendidikan di Pondok Pesantren Dzal Hajra Kubu Raya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk Mengetahui dan menganalisis konstruksi moderasi serta pewujudnyataan nilainilai moderasi di pondok Pesantren Dzal Hajra Kubu Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode deskriptif ini disebut dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini ialah moderasi Pendidikan di Pondok Pesantren Dzal Hajra ditanamkan oleh Kyai dan dibiasakan oleh semua warga pondok pesantren Dzal Hajra Kabupaten Kubu Raya. Terlihat dalam pembelajaran yang diselenggarakan dan kegiatan sehari-hari mereka. Pada aspek pembelajaran, apresiasi dan toleransi adalah nilai-nilai moderasi yang ditanamkan. Pada aspek kegiatan sehari-hari, respect, peace, happiness, cooperation, dan humble adalah nilai yang ditanamkan dan dibiasakan. Nilai-nilai moderasi Pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren Dzal Hajra terbukti membuat salah satu pondok pesantren salaf di kabupaten Kubu Raya tersebut tetap eksis melintasi generasi. Bertahan ditengah arus modernisasi pendidikan yang begitu kuat. Hasil dari penelitian ini seyogianya memberi penguatan pemahaman semua pihak, bahwa moderasi Pendidikan adalah nilai dan sikap yang perlu dijaga untuk menjaga keharmonisan hidup bagi masyarakat majemuk seperti bangsa Indonesia. Tanpa memperhatikan hal tersebut, konflik multikultural, termasuk konflik keagamaan akan sulit dihindari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Moderasi en_US
dc.subject pendidikan en_US
dc.subject pondok pesantren Dzal Hajra en_US
dc.title MODERASI PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DZAL HAJRA KUBU RAYA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account