dc.description.abstract |
Pondok pesantren
Dzal Hajra Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat merupakan
pesantren yang proses pendidikannya sebagai proses humanisasi
sekaligus moderasi pada generasi penerus, dalam hal ini santri
yang sedang belajar menimba ilmu di Pesantren Dzal Hajra.
Pendidikan di pesantren Dzal Hajra mulai dari Pendidikan
formal meliputi PAUD Tahfidzulquran dzalhajra, Madrasah
Diniyah Salafiyah, Dari aspek lain misalnya, kegiatan ekstra
kurikuler mulai dari Tahfidzul Qur’an, Khitobah (latihan dan
lomba pidato dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa
Inggris), Qosidah, Kaligrafi, Majalah Dinding, Komputer,
Olahraga, Keterampilan dan Pertanian. Dalam konteks sosial
kemasyarakatan Pesantren Dzal Hajra memberi perhatian
melalui pengembangan ekonomi masyarakat, pendidikan
penyadaran, civic education, advokasi kebijakan, kajian dan
conflict resolution. Dari latar belakang di atas maka peneliti
tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai moderasi
dalam pendidikan di Pondok Pesantren Dzal Hajra Kubu Raya.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk Mengetahui dan
menganalisis konstruksi moderasi serta pewujudnyataan nilainilai moderasi di pondok Pesantren Dzal Hajra Kubu Raya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode
deskriptif ini disebut dengan pendekatan kualitatif. Sumber data
diambil dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan langkah-langkah yaitu mengumpulkan data,
mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini ialah moderasi Pendidikan di
Pondok Pesantren Dzal Hajra ditanamkan oleh Kyai dan
dibiasakan oleh semua warga pondok pesantren Dzal Hajra
Kabupaten Kubu Raya. Terlihat dalam pembelajaran yang
diselenggarakan dan kegiatan sehari-hari mereka. Pada aspek pembelajaran, apresiasi dan toleransi adalah nilai-nilai moderasi
yang ditanamkan. Pada aspek kegiatan sehari-hari, respect,
peace, happiness, cooperation, dan humble adalah nilai yang
ditanamkan dan dibiasakan. Nilai-nilai moderasi Pendidikan
yang diterapkan di pondok pesantren Dzal Hajra terbukti
membuat salah satu pondok pesantren salaf di kabupaten Kubu
Raya tersebut tetap eksis melintasi generasi. Bertahan ditengah
arus modernisasi pendidikan yang begitu kuat. Hasil dari
penelitian ini seyogianya memberi penguatan pemahaman semua
pihak, bahwa moderasi Pendidikan adalah nilai dan sikap yang
perlu dijaga untuk menjaga keharmonisan hidup bagi masyarakat
majemuk seperti bangsa Indonesia. Tanpa memperhatikan hal
tersebut, konflik multikultural, termasuk konflik keagamaan
akan sulit dihindari. |
en_US |