dc.description.abstract |
Pendidikan pembelajaran akidah akhlak merupakan sesuatu yang
sangat penting bagi peserta didik dimana pertumbuhan dan perkembangan
peserta didik sangatlah memerlukan bimbingan dan pengarahan agar anak
dapat mengamalkan ajaran Islam secara utuh baik secara individu maupun
secara sosial. Guru pelajaran akidah akhlak tidak hanya mengantarkan
peserta didik untuk menguasai pengetahuan akidah akhlak, tapi yang
terpenting adalah agar setiap siswa memiliki pengertian baik buruknya
suatu perbuatan, agar dapat mengamalkanya sesuai ajaran Islam dan
menerapkanya di kehidupan sehari- hari dengan baik dan benar. Oleh
sebab itu, pembelajaran akidah akhlak membutuhkan manajemen
pembelajaran yang kokoh. Sebuah manajemen yang efektif bukan saja
dalam memberikan pengetahuan agama Islam kepada peserta didik, tetapi
juga mengamalkan pengetahuan agama islam yang dimiliki itu dalam
kehidupan sehari-hari baik di sekolah, rumah maupun dimasyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan: (1)
Perencanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN Sanggau. (2)
Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN Sanggau. (3)
Evaluasi dan Tindak Lanjut Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN
Sanggau.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data
dengan wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
data dengan pengumpulan data reduksi data, penyajian, kesimpulan,
verifikasi, dan pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran akidah
akhlak terkait kegiatan yang telah dijalankan, berupa kegitan perencanaan
sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang ingin di
capai; (2) pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak terkait kegiatan yang
telah dijalankan, berupa persyaratan dalam pembelajaran, kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup; (3) evaluasi dan tindak
lanjut terkait kegiatan pembelajaran yang telah dijalankan berupa
penugasan baik tertulis maupun lisan, ulangan harian, ulangan semester,
dan evaluasi dengan melihat nilai harian yang diperoleh siswa dari 3 aspek
yaitu; penilaian pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian keterampilan
serta melakukan tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan materi
pembelajaran. |
en_US |