MANAJEMEN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SANGGAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.author Gunawan, Buhari
dc.date.accessioned 2023-09-14T07:01:52Z
dc.date.available 2023-09-14T07:01:52Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3691
dc.description.abstract Pendidikan pembelajaran akidah akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting bagi peserta didik dimana pertumbuhan dan perkembangan peserta didik sangatlah memerlukan bimbingan dan pengarahan agar anak dapat mengamalkan ajaran Islam secara utuh baik secara individu maupun secara sosial. Guru pelajaran akidah akhlak tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai pengetahuan akidah akhlak, tapi yang terpenting adalah agar setiap siswa memiliki pengertian baik buruknya suatu perbuatan, agar dapat mengamalkanya sesuai ajaran Islam dan menerapkanya di kehidupan sehari- hari dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, pembelajaran akidah akhlak membutuhkan manajemen pembelajaran yang kokoh. Sebuah manajemen yang efektif bukan saja dalam memberikan pengetahuan agama Islam kepada peserta didik, tetapi juga mengamalkan pengetahuan agama islam yang dimiliki itu dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, rumah maupun dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan: (1) Perencanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN Sanggau. (2) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN Sanggau. (3) Evaluasi dan Tindak Lanjut Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN Sanggau. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan pengumpulan data reduksi data, penyajian, kesimpulan, verifikasi, dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran akidah akhlak terkait kegiatan yang telah dijalankan, berupa kegitan perencanaan sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang ingin di capai; (2) pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak terkait kegiatan yang telah dijalankan, berupa persyaratan dalam pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup; (3) evaluasi dan tindak lanjut terkait kegiatan pembelajaran yang telah dijalankan berupa penugasan baik tertulis maupun lisan, ulangan harian, ulangan semester, dan evaluasi dengan melihat nilai harian yang diperoleh siswa dari 3 aspek yaitu; penilaian pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian keterampilan serta melakukan tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan materi pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak Di MIN Sanggau en_US
dc.title MANAJEMEN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SANGGAU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account