PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 21 MEMPAWAH HILIR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.author Zheptia, Zheptia
dc.date.accessioned 2023-09-14T02:38:32Z
dc.date.available 2023-09-14T02:38:32Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3684
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya alokasi waktu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri 21 Mempawah Hilir dalam satu pertemuan apabila dibandingkan dengan jumlah bahan ajar yang begitu banyak khususnya yang terjadi di kelas V jumlah materi ajar tidak sinkron dengan alokasi waktu yang disediakan serta kurangnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran sehingga guru menerapkan metode resitasi pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas V Sekolah Dasar Negeri 21 Mempawah Hilir dan membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana penerapan metode resitasi saat pembelajaran dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bentuk penerapan metode resitasi yang diberikan oleh guru PAI pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V, memaparkan alasan guru PAI menggunakan metode resitasi dalam pembelajaran, serta mendeskripsikan langkah – langkah yang dilakukan guru PAI dalam menerapkan metode resitasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V Sekolah Dasar Negeri 21 Mempawah Hilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus masalah, sumber data penelitian ini adalah guru PAI Kelas V. Analisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data serta verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) Bentuk penerapan metode resitasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V ada dua yaitu berupa tugas – tugas dan hafalan. 2) Alasan utama guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V menggunakan metode resitasi dalam pembelajaran adalah banyaknya materi ajar sedangkan alokasi waktu yang sedikit, alasan lainnya yaitu agar pembelajaran lebih berkualitas dengan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. 3) Langkah – langkah yang dilakukan guru PAI dalam menerapkan metode resitasi di Kelas V melalui tiga tahap, pertama pada kegiatan awal guru menjelaskan materi setelah itu memberikan tugas. Kedua, pada kegiatan inti peserta didik mengerjakan tugas. Ketiga, pada kegiatan akhir peserta didik mengumpulkan tugas dan diberikan penilaian dengan cara mengoreksi silang secara bersama – sama. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Resitasi en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 21 MEMPAWAH HILIR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account