KOMPETENSI SOSIAL GURU NGAJI MADURA DI TPA HIDAYATUS SIBYAN DUSUN PARIT AIM I SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.author Yuliana, Yuliana
dc.date.accessioned 2023-09-14T02:30:58Z
dc.date.available 2023-09-14T02:30:58Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3683
dc.description.abstract Fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah: pertama, bagaimana kompetensi sosial guru ngaji Madura di TPA Hidayatus Sibyan Dusun Parit Aim I, Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya dalam berkomunikasi?; kedua, bagaimana kompetensi sosial guru ngaji Madura di TPA Hidayatus Sibyan Dusun Parit Aim I, Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya dalam mengelola informasi?; ketiga, bagaimana kompetensi sosial guru ngaji Madura di TPA Hidayatus Sibyan Dusun Parit Aim I, Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya bergaul secara efektif?; keempat, bagaimana kompetensi sosial guru ngaji Madura di TPA Hidayatus Sibyan Dusun Parit Aim I, Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya dalam bergaul secara santun dengan masyarakat?; dan kelima, bagaimana kompetensi sosial guru ngaji Madura di TPA Hidayatus Sibyan Dusun Parit Aim I, Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya dalam menerapkan prinsip persaudaraan dan semangat kebersamaan dengan masyarakat?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi pendidikan. Teknik pengumpulan data di antaranya melalui observasi partisipan, wawancara semi terstruktur secara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi sosial guru ngaji Madura menerapkan lima kompetensi sosial yang sudah dimiliki seorang guru kategorinya sudah baik karena guru ngaji Madura mampu berkomunikasi secara lisan, tulisan maupun isyarat, dapat mengelola informasi, bergaul secara efektif dengan murid ngaji, sesama guru ngaji dan orang tua/wali selain itu guru ngaji juga bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dan yang terakhir guru ngaji Madura memiliki prinsip persaudaraan dan semangat kebersamaan dengan masyarakat setempat. Kompetensi sosial sudah guru ngaji Madura miliki dan terapkan. Maka dengan berbekal kompetensi sosial ini, seorang guru ngaji semakin eksis dan juga berdampak positif pada kegiatan mengaji di TPA Hidayatus Sibyan Dusun Parit Aim I, Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kompetensi Sosial en_US
dc.subject Guru Ngaji Madura en_US
dc.title KOMPETENSI SOSIAL GURU NGAJI MADURA DI TPA HIDAYATUS SIBYAN DUSUN PARIT AIM I SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account