dc.description.abstract |
Fokus penelitian ini untuk mengatahui:1.) bagaimana Proses
pembiasaan membaca Al-Qur‟an sebelum kegiatan belajar mengajar
di kelas VIII MTs Islamiyah Pontianak, 2.) apa saja Faktor yang
mempengaruhi pembiasaan membaca Al-Qur‟an sebelum kegiatan
belajar mengajar di kelas VIII MTs Islamiyah Pontianak, 3.)
bagaimana Hasil dari pembiasaan membaca Al-Qur‟an sebelum
kegiatan belajar mengajar di kelas VIII MTs Islamiyah Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber penelitian yang digunakan yaitu sumber data
primer dan skunder, primer merupakan data yang didapat secara
langsung dari data pertama yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran
Al-Qur‟an Hadits, Wakil kepala kesiswaan, dan siswa- siswi kelas
VIII dan sumber data sekunder yang berasal dari dokumentasi.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan:1.)bagaiman Proses
dari Pembiasaan, dimulai dari instruksi guru untuk melakukan
kegiatan pembiasaan selanjutnya, membaca Al-Qur‟an secara
bersama, sambil menyimak, dan guru memberikan motivasi,
diakhiri dengan membaca do‟a khataman Qur‟an. 2.)Faktor yang
mempengaruhi pembiasaan yang pertama faktor pendukung
tersedianya mashaf disetiap kelas, lingkungan yang mendukung, dan
faktor penghambatnya adalah kurang nya alokasi waktu, latar
belakang dan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa berbeda-beda.
3.) Hasil dari pembiasaan membaca Al-Qur‟an ada 83.4% siswa
yang masuk katagori lancar dalam membaca Al-Qur‟an tetapi hanya
sebagian yang benar dalam mahkrajnya, sedangkan ada 12,5% siswa
yang masuk kategori kurang dalam membaca Al-Qur‟an dan ada
4,1% siswa masuk kategori salah atau masih terbata bata dalam
membaca Al-Qur‟an. |
en_US |