PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN SEBELUM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DIKELAS VIII MTS ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN TAHUN 2022\2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Ummidah, Ummidah
dc.date.accessioned 2023-09-14T01:28:36Z
dc.date.available 2023-09-14T01:28:36Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3682
dc.description.abstract Fokus penelitian ini untuk mengatahui:1.) bagaimana Proses pembiasaan membaca Al-Qur‟an sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas VIII MTs Islamiyah Pontianak, 2.) apa saja Faktor yang mempengaruhi pembiasaan membaca Al-Qur‟an sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas VIII MTs Islamiyah Pontianak, 3.) bagaimana Hasil dari pembiasaan membaca Al-Qur‟an sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas VIII MTs Islamiyah Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber penelitian yang digunakan yaitu sumber data primer dan skunder, primer merupakan data yang didapat secara langsung dari data pertama yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits, Wakil kepala kesiswaan, dan siswa- siswi kelas VIII dan sumber data sekunder yang berasal dari dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan:1.)bagaiman Proses dari Pembiasaan, dimulai dari instruksi guru untuk melakukan kegiatan pembiasaan selanjutnya, membaca Al-Qur‟an secara bersama, sambil menyimak, dan guru memberikan motivasi, diakhiri dengan membaca do‟a khataman Qur‟an. 2.)Faktor yang mempengaruhi pembiasaan yang pertama faktor pendukung tersedianya mashaf disetiap kelas, lingkungan yang mendukung, dan faktor penghambatnya adalah kurang nya alokasi waktu, latar belakang dan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa berbeda-beda. 3.) Hasil dari pembiasaan membaca Al-Qur‟an ada 83.4% siswa yang masuk katagori lancar dalam membaca Al-Qur‟an tetapi hanya sebagian yang benar dalam mahkrajnya, sedangkan ada 12,5% siswa yang masuk kategori kurang dalam membaca Al-Qur‟an dan ada 4,1% siswa masuk kategori salah atau masih terbata bata dalam membaca Al-Qur‟an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Pembiasaan en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.subject MTs Islamiyah en_US
dc.title PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN SEBELUM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DIKELAS VIII MTS ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN TAHUN 2022\2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account