dc.description.abstract |
Penelitian ini mengenai menajemen pembiayaan pendidikan yang bertujuan
untuk mengenalisis proses menajemen pembiayaan pendidikan. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif, sumber
data primer dan skunder, dengan teknik pengumpulan data observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam wawancara ini yaitu kepala
sekolah SMPS Miftahul Ulum Parit Pak Jawi. Analisis data dilakukakan
dengan analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data,
display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa
keabsahan data, peneliti menggunakan teknik trigulasi dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menajemen pembiayaan
pendidikan SMPS Miftahul Ulum meliputi tiga cara yaitu, 1), Perencanaan,
dimana kegiatan yang berhubungan dengan sekolah sudah disusun dalam
Rencana Kegiatan dan Anggara Sekolah (RKAS) yang disusun oleh kepala
sekolah setiap tahunnya pada awal tahun ajaran. 2), Pelaksanaan, dimana
untuk pelaksanaan pembiayaan adanya penerimaan pembiayaan, infaq
siswa, dana bantuan oprasional sekolah (BOS), uang kegiatan, dan
sumbangan masyarakat. Pengeluaran seperti gaji guru, kebutuhan
asministrasi, penunjang KMB, pengadaan dan pemeliharan sarana
prasarana, kegiatan siswa alumni dan orang tua. 3), Evaluasi, dan
pertangungjawaban ini dilakukan di SMPS Miftahul Ulum dua kali setiap
tahunnya, dipertengahan semester dan diakhir semester tahun ajaran. dengan
mengadakan pertemuan dengan pihak terkait yaitu yayasan, komite, kepala
sekolah dan guru. dalam bentuk laporan pertanggungjawaban (LPJ). |
en_US |