UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PELANGGARAN DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPS SMA AL-ISHLAH BAITIL MAL PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Quraini, Ovie Nurul
dc.date.accessioned 2023-09-13T02:30:08Z
dc.date.available 2023-09-13T02:30:08Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3673
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena perilaku pserta didik yang tidak disiplin ketika berada disekolah yang dilakukan peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran seperti datang terlambat, suka membolos, dan suka gaduh di kelas karena kurangnya guru dalam mengawasi kegiatan peserta didik di lingkungan sekolah sehingga peserta didik kurang mendapatkan perhatian. Akibat kurangnya perhatian guru membuat sebagian peserta didik itu melakukan pelanggaran-pelanggaran di sekolah yang membuat mereka merasa tidak bersalah dan tidak sadar atas perbuatannya, dari permasalahan tersebut peran guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam memiliki tugas dan kewajiban untuk menangani disiplin belajar adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi disiplin belajar kelas XII di SMA Al-Ishlah Baitil Mal Pontianak. Penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumplan data ini adalah menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui informasi tentang bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk menangani pelanggaran disiplin belajar, metode observasi untuk mengamati seara langsung bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani pelanggaran disiplin belajar, metode dokumentasi untuk mengetahui profil sekolah, sarana dan prasarana, data guru dan peserta didik serta denah lokasi. Adapun sumber primer dan skunder, untuk sumber primer adalah guru Pendidikan Agama Islam sedangkan skunder adalah peserta didik kelas XII. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani disiplin belajar peserta didik yaitu dengan cara penekanan terhadap peserta didik melalui kegiatan pembiasaan disiplin peserta didik, membiasakan tata kerama yang baik, memberikan kegiatan kerohanian pada akhirnya nanti yang diharapkan Faktor penyebab terjadinya pelanggaran disiplin belajar peserta didik yaitu masih mengulangi pelanggaran yang sama meskipun sudah ditegur. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani pelanggaran disiplin belajar antara lain; (1) memberi keteladanan kepada peserta didik, (2) melaksanakan peraturan (3) memberi nasehat dan peringatan kepada peserta didik yang melanggar, dan (4) memberi hukuman atau sanksi kepada peserta didik yang melanggar. Kendala upaya guru dalam menangani pelanggaran disiplin belajar salah satunya yaitu peserta didik mengulangi pelanggaran yang sama walaupun sudah diingatkan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Pelanggaran en_US
dc.subject Disiplin Belajar en_US
dc.title UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PELANGGARAN DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPS SMA AL-ISHLAH BAITIL MAL PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account