dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan: 1) Prestasi
belajar siswa kelas IV MIS Nurul Islam Pontianak yang tidak diterapkannya
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mengajar akidah akhlak; 2) Prestasi
belajar siswa kelas IV MIS Nurul Islam Pontianak yang diterapkan pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dalam mengajar akidah akhlak; 3) Penerapan pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MIS
Nurul Islam Pontianak;4) Perbedaan prestasi belajar antara siswa kelas IV A dan
kelas IV B MIS Nurul Islam Pontianak yang diterapkan dan yang tidak diterapkan
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mengajar akidah akhlak.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest With Control Group. Lokasi
penelitian dilaksanakan di MIS Nurul Islam Pontianak. Waktu pelaksanaan
penelitian dimulai dari Januari 2022-Februari 2023. Sumber data dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa kelas IV A 19 orang dan kelas IV B
19 orang, serta sumber data pendukung lainnya dari guru dan personal TU. Variabel
bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw, variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa kelas IV. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, studi dokumen dan
pengukuran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes
hasil belajar, dan perangkat elektronik. Analisis yang dilakukan mencakup analisis
instrumen, analisis deskriptif, dan analisis inferensi.
Hasil penelitian ini adalah prestasi belajar siswa-siswa kelas IV MIS Nurul
Islam Pontianak yang tidak diterapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
termasuk “tinggi” didasarkan pada hasil posttest kelas kontrol siklus I dengan ratarata 81,05. Sedangkan posttest siklus II rata-rata 81,37. Penerapan pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah dalam
perangkat pembelajaran seharusnya. Prestasi belajar pada kelas yang diterapkan
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw termasuk “sangat tinggi” hal ini didasarkan
pada hasil posttest siklus I dengan rata-rata 91,58 dan siklus II rata-rata sebesar
84,95. Uji berpasangan memperlihatkan bahwa untuk kelas kontrol siklus I
peningkatannya signifikan sebesar 3,16 siklus II juga signifikan sebesar 11,58.
Untuk kelas tindakan siklus I peningkatannya signifikan sebesar 17,48 siklus II juga
signifikan sebesar 27,11 dari pretest ke posttest. Setelah dianalisis dengan analisis
uji t sampel bebas dapat dilihat bahwa pretest untuk II siklus sebesar 2,11. Sehingga
nilai posttest untuk siklus I sebesar 10,53 sementara untuk posttest siklus II sebesar
3,58. Dengan demikian peningkatan dari 2 siklus sangat signifikan, sama-sama
mengalami peningkatan tetapi kelas tindakan lebih bagus peningkatannya. |
en_US |