dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan pembelajaran yang masih
konvensional. Peserta didik belum terbiasa menemukan sendiri informasi yang
diperlukan, guru masih menggunakan metode ceramah dan belum memanfaatkan
sumber belajar yang ada disekolah. Dengan demikian, perlu adanya model
pembelajaran yang membuat peserta didik bisa menemukan pengetahuan yang
berhubungan dengan pembelajaran, sehingga bisa meningkatkan hasil belajar
peserta didik melalui model pembelajaran Resource Based Learning
Penelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) Penggunaan model Resource
Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), (2) Hasil
belajar peserta didik setelah digunakan model Resource Based Learning, (3)
Peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik setelah penggunaan model
Resource Based Learning.
Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
terdiri dari empat komponen yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap
pengamatan dan tahap refleksi. Sumber data utama yang digunakan guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2
Pontianak Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran.
Kemudian data analisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif dengan
menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model
pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dapat mendorong peserta didik
untuk menemukan sendiri informasi yang diperlukan, belajar mandiri, serta
meningkatkan hasil belajar. (2) Hasil belajar peserta didik setelah digunakan
model Resource Based Learning mengalami peningkatan dilihat dari nilai
prasiklus dengan persentase 46,4%, setelah pemberian tindakan pada pengamatan
siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar peserta didik naik menjadi 60,7%. (3) Terdapat
peningkatan terhadap hasil belajar setelah penggunaan model Resource Based
Learning terjadi pada siklus ke 1 dengan prosentase 60,7 %. Pada siklus 2
peningkatan terjadi dengan persentase 85,7 %. Hal ini menunjukkan bahwa,
pembelajaran dengan menerapkan model Resource Based Learning (RBL) dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Pontianak
Selatan. Jadi peneliti tidak melanjutkan ke siklus 3 dikarenakan dalam pelaksaaan
siklus 2 sudah tercapai dengan nilai melebihi KKM |
en_US |