MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.author Irfan, Muhammad
dc.date.accessioned 2023-09-13T01:08:23Z
dc.date.available 2023-09-13T01:08:23Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3669
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan pembelajaran yang masih konvensional. Peserta didik belum terbiasa menemukan sendiri informasi yang diperlukan, guru masih menggunakan metode ceramah dan belum memanfaatkan sumber belajar yang ada disekolah. Dengan demikian, perlu adanya model pembelajaran yang membuat peserta didik bisa menemukan pengetahuan yang berhubungan dengan pembelajaran, sehingga bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Resource Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) Penggunaan model Resource Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), (2) Hasil belajar peserta didik setelah digunakan model Resource Based Learning, (3) Peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik setelah penggunaan model Resource Based Learning. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat komponen yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Sumber data utama yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Pontianak Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran. Kemudian data analisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dapat mendorong peserta didik untuk menemukan sendiri informasi yang diperlukan, belajar mandiri, serta meningkatkan hasil belajar. (2) Hasil belajar peserta didik setelah digunakan model Resource Based Learning mengalami peningkatan dilihat dari nilai prasiklus dengan persentase 46,4%, setelah pemberian tindakan pada pengamatan siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar peserta didik naik menjadi 60,7%. (3) Terdapat peningkatan terhadap hasil belajar setelah penggunaan model Resource Based Learning terjadi pada siklus ke 1 dengan prosentase 60,7 %. Pada siklus 2 peningkatan terjadi dengan persentase 85,7 %. Hal ini menunjukkan bahwa, pembelajaran dengan menerapkan model Resource Based Learning (RBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Pontianak Selatan. Jadi peneliti tidak melanjutkan ke siklus 3 dikarenakan dalam pelaksaaan siklus 2 sudah tercapai dengan nilai melebihi KKM en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Resource Based Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar Peserta Didik en_US
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account