dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar siswa kelas IV
sebelum menggunakan media audio visual pada materi kisah Nabi Muhammad
SAW membangun Kota Madinah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN
13 Pontianak Timur; 2) Prestasi belajar siswa kelas IV setelah menggunakan Media
Audio visual pada materi kisah Nabi Muhammad SAW Membangun Kota Madinah
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 13 Pontianak Timur; 3) Pengaruh
media audio visual terhadap prestasi belajar peserta siswa kelas IV pada materi
kisah Nabi Muhammad SAW Membangun Kota Madinah mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN 13 Pontianak Timur.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi
eksperiment. Sampel kelas kontrol 25 siswa kelas IV A dan kelas eksperimen 22
siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik
tes dan teknik dokumentasi. Pengumpulan data dengan uji instrument, analisis
deskriptif, uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis menggunakan persamaan
regresi.
Berdasarkan hasil analisis data dengan kesimpulan: (1) Hasil pretest
kelompok kontrol sebesar 67,56 dan kelompok eksperimen sebesar 54,91 siswa
kelas IV SDN 13 Pontianak Timur; (2) Hasil posttest kelompok kontrol sebesar
77,40 dan kelompok eksperimen sebesar 86,14 siswa kelas IV SDN 13 Pontianak
Timur; (3) Uji regresi linier sederhana Y = 67,390 + 0,308 (X) + ei:, koefisien
korelasi R sebesar 0,663 dan R2 sebesar 0,439, uji F taraf signifikansi 0,001 < 0,05
dengan fhitung 15,680 > ftabel 4,35 dan uji t taraf signifikansi 0,001 < 0,05 dengan ttabel
3,960 > 2,085 terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar materi
kisah Nabi Muhammad SAW membangun Kota Madinah pada siswa kelas IV SDN
13 Pontianak Timur. |
en_US |