dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) bentuk
pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh siswa kelas IV pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam; 2) usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam
mendisiplinkan siswa kelas IV yang melanggar tata tertib pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN 11 Nanga Menyabai, Kecamatan Silat Hulu,
Kabupaten Kapuas Hulu tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber
data primer dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di SDN
11 Nanga Menyabai, Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu.
Kemudian sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen-dokumen
yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian dengan
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penerikan
kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan
triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : ada delapan (8) pelanggaran
peraturan tata tertib yang masih dilakukan oleh siswa kelas IV pada saat proses
belajar mengajar mata pelajaran PAI. Pelanggaran tersebut seperti tidak
mendengarkan guru pada saat proses belajar mengajar (PBM), tidak bersikap
sopan terhadap guru, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, keluar masuk
kelas tanpa izin, mecoret-coret fasilitas sekolah, tidak menjaga kebersihan,
berkata bohong dan mengganggu teman pada saat PBM : Upaya yang dilakukan
guru PAI untuk mendisiplinkan siswa yang melanggar peraturan tata tertib yaitu
dengan memberikan keteladanan, nasihat, pengawasan dan hukuman. |
en_US |