dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui bagaimana upaya guru fiqih
secara langsung dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan shalat
zuhur berjama’ah di MI At-Ta'lim II Tanjung Pandan, 2). Mengetahui bagaimana
upaya guru fiqih secara tidak langsung dalam meningkatkan kedisiplinan siswa
melaksanakan shalat zuhur berjama’ah di MI At-Ta'lim II Tanjung Pandan, 3).
Mengetahui apa saja kendala yang dihadapi atau ditemukan guru fiqih dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan shalat zuhur berjama’ah di MI
At-Ta'lim II Tanjung Pandan.
Upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan siswa merupakan
suatu peranan penting dan meningkatkan kedisiplinan siswa, sebagai seorang guru
harus mampu memberikan contoh, sikap dan teladan yang baik terhadap anak
didiknya. Dalam hal ini peneliti berfokus terhadap upaya guru fiqih dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan shalat zuhur berjama’ah di
Madrasah Ibtidaiyah At-ta’lim II Tanjung Pandan.
Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif yang bersifat deskriptif. Alat dalam pengumpulan data peneliti
menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Peneliti juga menggunakan teknik analisis data yang berupa
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi,
penyajian data yang digunakan oleh peneliti yaitu triangulasi data.
Dari hasil yang peneliti temui di lapangan bahwa upaya guru fiqih dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa yang dilakukan oleh guru pendidikan agama
Islam di kelas VI Di Madrasah Ibtidaiyah Tanjung Pandan masih belum
maksimal dalam melakukan upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan
siswa, baik itu kedisiplinan siswa, kedisiplinan shalat berjama’ah. |
en_US |