dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya siswa yang memiliki
akhlak yang tergolong kurang baik kepada gurunya. Adapun tujuan penelitiannya
yaitu 1)Untuk mengetahui peran guru PAI dan BP sebagai pendidik dalam
pembinaan akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak
2)Untuk mengetahui peran guru PAI dan BP sebagai pembimbing dalam
pembinaan akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak
3)Untuk mengetahui peran guru PAI dan BP sebagai teladan dalam pembinaan
akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode
studi kasus. Adapun untuk sumber terbagi menjadi dua, yakni sumber primer atau
sumber utama dan sumber sekunder atau sebagai pendamping. Sumber primer
didapatkan dari informasi dan data Guru Mata Pelajaran PAI dan BP terkait, serta
siswa di kelas VIII yang berjumlah 18 orang SMP Mujahidin Pontianak dengan
sumber sekunder yaitu data dan informasi yang diperoleh oleh Pembina atau Guru
Mata Pelajaran lain serta dokumen atau profil sekolah terkait yang terdapat dalam
data sekolah. Kemudian teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data
sebagaimana jenis penelitian ini ialah dengan melalui wawancara, observasi serta
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1)Peran guru PAI dan BP sebagai
pendidik dalam pembinaan akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP
Mujahidin Pontianak ialah menanamkan pemahaman dan pengetahuan tentang
akhlak terpuji dan tercela, memberikan didikan berupa penanaman dan
pembentukkan akhlak terpuji, moral dan etika dan budi pekerti pada siswa saat
kegiatan belajar mengajar berlangsung maupun diluarnya selama masih dalam
lingkungan Sekolah, memberikan petunjuk dan tuntunan kepada para siswanya
agar dapat berakhlak terpuji serta meninggalkan akhlak tercela, memberikan
pelatihan kepada siswa baik dalam aspek sikap maupun keterampilan dalam hal
beribadah, memberikan pujian, hukuman, nasehat serta mengawasi dan
mengontrol para siswanya, kemudian ikut membersamai dan melaksanakan apaapa saja tindakan dan perilaku baik yang telah disampaikan kepada siswa. 2)
Peran guru PAI dan BP sebagai pembimbing dalam pembinaan akhlak siswa
kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak ialah memberikan arahan
dan pengarahan sesuai dengan ajaran agama dalam aspek pengetahuan
pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan untuk berbuat baik dan
meninggalkan perbuatan buruk. Serta menjalin kedekatan tali komunikasi dan
interaksi yang baik dengan para siswanya 3) peran guru PAI dan BP sebagai
teladan dalam pembinaan akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin
Pontianak ialah guru memberikan suri tauladan atau mencontohkan perbuatan
baik dalam aktivitasnya sehari-hari. |
en_US |