PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KEPADA GURU DI KELAS VIII SMP MUJAHIDIN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, M
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Y, Dayang Shynta Octaviani
dc.date.accessioned 2023-09-11T02:16:48Z
dc.date.available 2023-09-11T02:16:48Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3656
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya siswa yang memiliki akhlak yang tergolong kurang baik kepada gurunya. Adapun tujuan penelitiannya yaitu 1)Untuk mengetahui peran guru PAI dan BP sebagai pendidik dalam pembinaan akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak 2)Untuk mengetahui peran guru PAI dan BP sebagai pembimbing dalam pembinaan akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak 3)Untuk mengetahui peran guru PAI dan BP sebagai teladan dalam pembinaan akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun untuk sumber terbagi menjadi dua, yakni sumber primer atau sumber utama dan sumber sekunder atau sebagai pendamping. Sumber primer didapatkan dari informasi dan data Guru Mata Pelajaran PAI dan BP terkait, serta siswa di kelas VIII yang berjumlah 18 orang SMP Mujahidin Pontianak dengan sumber sekunder yaitu data dan informasi yang diperoleh oleh Pembina atau Guru Mata Pelajaran lain serta dokumen atau profil sekolah terkait yang terdapat dalam data sekolah. Kemudian teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagaimana jenis penelitian ini ialah dengan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1)Peran guru PAI dan BP sebagai pendidik dalam pembinaan akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak ialah menanamkan pemahaman dan pengetahuan tentang akhlak terpuji dan tercela, memberikan didikan berupa penanaman dan pembentukkan akhlak terpuji, moral dan etika dan budi pekerti pada siswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung maupun diluarnya selama masih dalam lingkungan Sekolah, memberikan petunjuk dan tuntunan kepada para siswanya agar dapat berakhlak terpuji serta meninggalkan akhlak tercela, memberikan pelatihan kepada siswa baik dalam aspek sikap maupun keterampilan dalam hal beribadah, memberikan pujian, hukuman, nasehat serta mengawasi dan mengontrol para siswanya, kemudian ikut membersamai dan melaksanakan apaapa saja tindakan dan perilaku baik yang telah disampaikan kepada siswa. 2) Peran guru PAI dan BP sebagai pembimbing dalam pembinaan akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak ialah memberikan arahan dan pengarahan sesuai dengan ajaran agama dalam aspek pengetahuan pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan untuk berbuat baik dan meninggalkan perbuatan buruk. Serta menjalin kedekatan tali komunikasi dan interaksi yang baik dengan para siswanya 3) peran guru PAI dan BP sebagai teladan dalam pembinaan akhlak siswa kepada guru di kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak ialah guru memberikan suri tauladan atau mencontohkan perbuatan baik dalam aktivitasnya sehari-hari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) en_US
dc.subject Pembinaan Akhlak Siswa en_US
dc.subject SMP Mujahidin Pontianak en_US
dc.title PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KEPADA GURU DI KELAS VIII SMP MUJAHIDIN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account