dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukan beberapa masalah yang
selama ini dihadapi guru dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak. Masalahmasalah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa,yang dikarenakan kurangnya
keaktifan siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran,kurangnya perhatian
siswa terhadap pembelajaran, serta kemauan dan keseriusan siswa untuk belajar
berkelompok sangat rendah, misalnya siswa hanya diam, mengganggu teman
yang berdiskusi, serta tidak berani mengajukan pendapat. Permasalahanpermasalahan tersebutlah yang selama ini dihadapi guru dalam pembelajaran
Aqidah Akhlak di kelas VIII MTs Daruttilawah
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen.
Berdasarkan hasil pengolahan data melalui tes hasil belajar siswa yang peneliti
lakukan, beberapa hal yang tampak didalam proses pemberian tes kepada siswa
oleh guru Aqidah Akhlak yaitu pada materi Kitab-Kitab Allah.
Berdasarkan hasil tes yang diperoleh maka didapat nilai rata-rata kelas
sebesar 49,68 yang termasuk dalam kategori gagal. Berdasarkan hasil pengolahan
data melalui tes hasil belajar sesudah diberikan perlakuan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ada beberapa hal yang tampak di dalam
proses pemberian tes kepada siswa oleh guru Aqidah Akhlak yaitu pada materi
Kitab-Kitab Allah. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh maka didapat nilai ratarata kelas sebesar 78,52 yang termasuk dalam kategori baik. |
en_US |