dc.description.abstract |
Strategi peningkatan volume penjualan produk UMKM adalah rencana aksi
yang ditujukan untuk meningkatkan penjualan produk dari Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM). Strategi peningkatan volume penjualan produk UMKM meliputi
beberapa tindakan seperti meningkatkan kualitas produk, memperluas jangkauan pasar,
meningkatkan promosi, serta meningkatkan layanan pelanggan.
Tujuan penulisan dari karya ilmiah ini untuk mengetahui (1) Apa saja strategi
pelaku UMKM dalam peningkatan volume penjualan produk selama masa pandemi
covid-19 di kecamatan Pontianak Kota (2) Apa yang menjadi kendala pelaku UMKM
dalam peningkatan volume penjualan produk selama masa pandemi covid-19 di
kecamatan Pontianak Kota (3) Apa saja solusi yang di lakukan untuk menyelesaikan
kendala oleh pelaku UMKM dalam peningkatan volume penjualan produk selama masa
pandemi covid-19.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan berusaha
menggambarkan hasil penelitian apa adanya. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan dari pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1)
Strategi pelaku UMKM dalam peningkatan volume penjualan produk selama masa
pandemi covid-19 di kecamatan Pontianak Kota dengan cara meningkatkan produk,
menetapkan harga, melakukan promosi dan memiliki tempat strategis (2) Kendala
pelaku UMKM dalam peningkatan volume penjualan produk selama masa pandemi
covid-19 di kecamatan Pontianak Kota kendalanya berupa kurangnya modal usaha,
susah mendapatkan bahan baku, kekurangan sumber daya manusianya dan kurangnya
manfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan (3) Solusi yang di lakukan
untuk menyelesaikan kendala oleh pelaku UMKM dalam peningkatan volume penjualan
produk selama masa pandemi covid-19 dengan menentukan target pasar yang jelas,
mempunyai modal usaha, focus pada konsumen yang sudah menjadi langganan dan
berivonasi dalam meciptakan produk. |
en_US |