dc.description.abstract |
Penelitian ini di latar belakangi bahwa dinamika pembelajaran tatap muka
terbatas dapat mempengaruhi efektivitas belajar, yang mungkin belum diketahui.
Peneliti mengetahui bahwa belum ada penelitian yang melakukan pengukuran
terhadap efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas pada tingkatan Taman KanakKanak (TK) khususnya di kota pontianak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran
tatap muka terbatas pada aspek fisik-motorik anak usia dini di TK se-kota Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian survei.
Populasi dari penelitian ini adalah 30 TK se-kota Pontianak yang tersebar di enam
kecamatan di Pontianak. Sampel penelitian ini menggunakan Teknik proportionate
stratified random sampling. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan lembar
kuesioner, pedoman wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian untuk
pengambilan data menggunakan lembar kuesioner, pedoman wawancara dan
dokumentasi. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validasi dengan
menggunakan validasi isi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kuesioner persepsi guru yang
dikonversikan ke nilai interval IKM, maka didapatkan nilai IKM sebesar 3,1 yaitu
memiliki makna bahwa efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas pada aspek
fisik-motorik anak usia dini berada pada kategori “efektif”. |
en_US |