PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA BANK KALBAR UNIT USAHA SYARIAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Sabirin, Sabirin
dc.contributor.author Oktaviani, Esi
dc.date.accessioned 2023-07-26T03:44:45Z
dc.date.available 2023-07-26T03:44:45Z
dc.date.issued 2022-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3452
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etika bisnis Islam terhadap Customer retention serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh etika bisnis Islam terhadap Customer retention pada Bank Kalbar Unit Usaha Syariah Cabang Sambas. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis pendekatan assosiatif. Populasi pada penelitian ini ditetapkan peneliti pada nasabah tabungan Bank Kalbar Unit Usaha Syariah Cabang Sambas dengan total 14.088 nasabah tabungan dengan jumlah sampel 99 nasabah. Pengambilan sampel dalam penelitan ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan langsung ke nasabah sebanyak 99 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Sederhana, Kemudian untuk Uji instrumen menggukan Uji Validitas dan Uji Realibilitas. Uji Asumsi Klasik menggunakan Uji Normalitas, Uji Linearitas dan Uji Heteroskedastisitas sementara untuk Uji Hipotesis menggunakan Uji Parsial (t) dan Uji Koefisien Determinasi (R2).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik berupa pengumpulan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan terdapat pengaruh etika bisnis Islam terhadap Customer Retention. Berdasarkan dari hasil regresi liniear sederhana bahwa nilai koefisiensi sebesar 52,690 dengan nilai positif, variabel Etika Bisnis Islam memiliki koefisien sebesar 0,131 hal ini menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai etika bisnis Islam, maka nilai Customer retention bertambah sebesar 0,131. Kemudian pada hasil uji Parsial menunjukan nilai sig 0,006 dimana < 0,05 dan nilai thitung < ttabel (2,446 > 1,985) maka secara parsial terdapat pengaruh positif antara variabel etika bisnis Islam terhadap customer retention pada Bank Kalbar Unit Usaha Syariah Cabang Sambas. Selanjutnya berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh angka sebesar 0,058 atau 5,8% artinya kombinasi variabel independen (X) yaitu etika bisnis Islam terhadap variabel dependen (Y) Customer retention 5,8%. Bedasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan data dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam dapat mempengaruhi customer retention. Dengan menerapkan etika bisnis Islam dapat memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Etika Bisnis Islam en_US
dc.subject Customer Retention en_US
dc.title PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA BANK KALBAR UNIT USAHA SYARIAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account