dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etika bisnis Islam
terhadap Customer retention serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
etika bisnis Islam terhadap Customer retention pada Bank Kalbar Unit Usaha
Syariah Cabang Sambas.
Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif.
Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis pendekatan
assosiatif. Populasi pada penelitian ini ditetapkan peneliti pada nasabah
tabungan Bank Kalbar Unit Usaha Syariah Cabang Sambas dengan total
14.088 nasabah tabungan dengan jumlah sampel 99 nasabah. Pengambilan
sampel dalam penelitan ini menggunakan metode probability sampling
dengan teknik yang digunakan adalah simple random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan langsung ke
nasabah sebanyak 99 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah
Analisis Regresi Linear Sederhana, Kemudian untuk Uji instrumen
menggukan Uji Validitas dan Uji Realibilitas. Uji Asumsi Klasik
menggunakan Uji Normalitas, Uji Linearitas dan Uji Heteroskedastisitas
sementara untuk Uji Hipotesis menggunakan Uji Parsial (t) dan Uji Koefisien
Determinasi (R2).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
berupa pengumpulan angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil analisis data menunjukan terdapat pengaruh etika bisnis Islam terhadap
Customer Retention. Berdasarkan dari hasil regresi liniear sederhana bahwa
nilai koefisiensi sebesar 52,690 dengan nilai positif, variabel Etika Bisnis
Islam memiliki koefisien sebesar 0,131 hal ini menyatakan bahwa setiap
penambahan 1% nilai etika bisnis Islam, maka nilai Customer retention
bertambah sebesar 0,131. Kemudian pada hasil uji Parsial menunjukan nilai
sig 0,006 dimana < 0,05 dan nilai thitung < ttabel (2,446 > 1,985) maka secara
parsial terdapat pengaruh positif antara variabel etika bisnis Islam terhadap
customer retention pada Bank Kalbar Unit Usaha Syariah Cabang Sambas.
Selanjutnya berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh angka
sebesar 0,058 atau 5,8% artinya kombinasi variabel independen (X) yaitu
etika bisnis Islam terhadap variabel dependen (Y) Customer retention 5,8%.
Bedasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan data dapat
disimpulkan bahwa etika bisnis Islam dapat mempengaruhi customer
retention. Dengan menerapkan etika bisnis Islam dapat memberikan suatu
dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat
dengan perusahaan. |
en_US |