dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah di Kelas IX Mts Negeri
1 Pontianak yaitu aktivitas siswa dan rendahnya minat baca siswa. Salah satu faktor
yang mempengaruhi adalah metode pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu,
peneliti mencoba untuk menggunakan metode pembelajaran previewing. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) persiapan dan langkah-langkah
penggunaan metode previewing; (2) aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan
metode previewing; (3) hambatan-hambatan dalam penggunaan metode previewing
pada mata pelajaran fikih kelas IX di Mts Negeri 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif, Data primer adalah kepala sekolah, guru fikih, dan siswa kelas IX.
Sedangkan data sekunder adalah data berupa arsip atau dokumen. Adapun teknik
pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis data menyimpulkan: (1) Persiapan dan langkah-langkah dalam
penggunaan metode previewing yaitu mulai dari persiapan materi dan media
pembelajaran, baca judulnya, perhatikan gambarnya, baca beberapa kalimat pada
paragraf pertama dan lainnya, baca kalimat akhir pada paragraf akhir dan
perhatikan nama, kata yang bercetak miring atau tebal (2) aktivitas guru dan siswa
adalah guru leluasa, tidak panjang lebar, singkat dan efisien, sedangkan siswa
menjadi aktif, efektif, efisien, tidak monoton, mudah memahami materi, minat baca
siswa meningkat, dan diskusi jadi lebih menarik; (3) hambatan dalam penggunaan
metode previewing adalah persiapan yang kurang, waktu yang singkat, Suasana
kelas kurang kondusif, kesulitan mengatur waktu, siswa kesulitan membaca bacaan
yang panjang, dan terdapat kata yang sulit dipahami. |
en_US |