Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, Mengungkap prinsip-prinsip pengembangan
materi ajar. Kedua, mengungkap kebutuhan pengajar terhadap model materi ajar bahasa
Inggris bidang keterampilan menyimak berbasis cerita rakyat Kalimantan Barat untuk STAIN
Pontianak. Ketiga, mengungkap kebutuhan mahasiswa terhadap model materi ajar bahasa
Inggris bidang keterampilan menyimak berbasis cerita rakyat Kalimantan Barat untuk STAIN
Pontianak. Keempat, membuat rancangan silabus model materi ajar bahasa Inggris bidang
keterampilan menyimak berbasis cerita rakyat Kalimantan Barat untuk STAIN Pontianak.
Kelima, mengetahui penilaian ahli terhadap model materi ajar bahasa Inggris bidang
keterampilan menyimak berbasis cerita rakyat Kalimantan Barat untuk STAIN Pontianak.
Penelitian ini menggunakan konsep materi ajar serta konsep-konsep yang mendukung
perancangan materi ajar yaitu analisis kebutuhan, pendekatan komunikatif, silabus
komunikatif, keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, cerita rakyat dan madrasah.
Berdasarkan analisis peneliti disimpulkan bahwa: pertama, Prinsip-prinsip pengembangan
materi bahan ajar yang mengungkapkan cerita rakyat Kalimantan Barat dengan menggunakan
bahasa Inggris dimulai dengan membuat desain materi ajar, kemudian menentukan topiktopik cerita rakyat Kalimantan Barat untuk menyimak dan berbicara, selanjutnya dilaksanakan
kegiatan menyimak cerita rakyat Kalimantan Barat dan terakhir dilaksanakan pula kegiatan
berbicara cerita rakyat Kalimantan Barat. Kedua, kebutuhan pengajar terhadap model materi
ajar bahasa Inggris bidang keterampilan menyimak dan berbicara berbasis cerita rakyat
Kalimantan Barat sangat dominan. Hal itu sesuai dengan hasil angket yang menyatakan
bahwa 99,9% pengajar berada pada posisi setuju untuk menjadikan cerita rakyat Kalimantan
Barat sebagai materi pada rancangan model materi ajar. Selain itu 99,9% pengajar juga setuju
menggunakan warna dalam rancangan model materi ajar tersebut. Ketiga, kebutuhan
mahasiswa terhadap model materi ajar bahasa Inggris bidang keterampilan menyimak dan
berbicara berbasis cerita rakyat Kalimantan Barat cukup dominan. 91& pelajar berada pada
posisi setuju untuk menjadikan cerita rakyat Kalimantan Barat sebagai materi pada rancangan
model materi ajar. Selain itu 55% pelajar setuju untuk menggunakan warna dalam rancangan
model materi ajar dan sebanyak 86,2% pelajar juga setuju untuk menggunakan gambar dalam
rancangan model materi ajar itu sendiri. Keempat, rancangan silabus model materi ajar
bahasa Inggris bidang keterampilan menyimak dan berbicara berbasis cerita rakyat
Kalimantan Barat beralur pada mendengarkan penuturan cerita, menulis ringkasan cerita dan
menjawab pertanyaan tentang isi cerita, melakukan kegiatan info gap, serta menyelesaikan
akhir cerita. Kelima, penilaian para ahli terhadap model materi ajar bahasa Inggris bidang
keterampilan menyimak berbasis cerita rakyat Kalimantan Barat tergolong cukup baik.
Sebanyak 75% memberi penilaian tinggi dari setiap item pertanyaan yang dinilai. Sedangkan 25% memberi penilaian sebaliknya.