Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan kosa kata bahasa Inggris mahasiswa program studi PAI semester I tahun akademik 2009/2010 sesudah diaplikasikannya model pengajaran Total Physical Response Story telling (TPRS) di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 160 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengukuran dengan alat pengumpul data berupa tes tertulis. Data yang didapat dianalisis, dengan menggunakan bantuan komputer dengan program SPSS Versi 15.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penguasaan kosa kata bahasa Inggris mahasiswa setelah diaplikasikannya model pembelajaran TPRS pada siklus 1 termasuk dalam kategori sangat baik. Penguasaan kosa kata bahasa Inggris mahasiswa setelah diaplikasikannya model pembelajaran TPRS pada siklus 2 termasuk dalam kategori sangat baik. Penguasaan kosa kata bahasa Inggris mahasiswa setelah diaplikasikannya model pembelajaran TPRS pada siklus 3 termasuk dalam kategori sangat baik. Secara keseluruhan berdasarkan analisis statistik membuktikan bahwa terdapat peningkatan yang sangat signifikan penguasaan kosa kata bahasa Inggris mahasiswa sesudah diaplikasikannya model pembelajaran TPRS.