dc.description.abstract |
Perkembangan industri keuangan dan perbankan terus berkembang di
Indonesia. Hal itu didorong oleh semakin banyaknya masyarakat yang menyadari
pentingnya bertransaksi syariah dalam ekonomi. Sehingga dari berbagai Lembaga
Keuangan dan Perbankan berlomba-lomba untuk membuka cabang yang berbasis
syariah. Tujuannya agar dapat memberikan layanan keuangan syariah bagi
masyarakat. Dari banyaknya Ekonomi islam dan Perbankan Syariah yang
bermunculan, membuat industri Ekonomi Islam serta Perbankan Syariah
berlomba-lomba juga untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik, promosi
yang baik, serta memberikan lokasi yang strategis agar dapat menarik minat
masyarakat untuk menabung di Perbankan Syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Promosi secara
signifikan terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Kalbar Syariah
Pontianak. (2) Pengaruh Pelayanan secara signifikan terhadap Minat Masyarakat
Menabung di Bank Kalbar Syariah Pontianak (3) Pengaruh Lokasi secara
signifikan terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Kalbar Syariah
Pontianak (4) Pengaruh Promosi, Pelayanan dan Lokasi secara simultan (bersamasama) terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Kalbar Syariah Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
denga jenis penelitian asosiatif. Tehknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan Angket/Kuesioner dengan menggunakan populasi seluruh nasabah
Bank Kalbar Syariah Pontianak dan sampel yang dipilih sebanyak 100 responden,
serta teknik analisis penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dan uji
Hipotesis secara Parsial dan Simultan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa :(1)Variable promosi, berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Kalbar
Syariah Pontianak dengan nilai signifikansi (Sig,0.00l). (2)Variabel pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikasi (Sig.0.000). (3)
Variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikaan dengan nilai signifikansi
(Sig.0.000) lebih kecil dari 0.05 (<0.05). (4)Uji secara Simultan diperoleh F
hitung sebesar 25.765 (Sig. 0.000 < 0.05) yang berarti secara simultan terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara variable promosi, pelayanan dan lokasi
terhadap minat masyarakat menabung pada Bank Kalbar Syariah Pontianak. |
en_US |