dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya pengembangan bank syariah
yang tidak cukup hanya berlandaskan kepada aspek-aspek legal dan peraturan,
terdapat banyak pengaruh yang mendasari konsumen untuk menggunakan jasa
perusahaan. Beberapa faktor diantaranya yaitu dari segi produk, promosi, dan
pelayanan. Dalam permasalahan skripsi ini adalah bagaimana keputusan
mahasiswa untuk menjadi nasabah Bank Kalbar Syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah produk perbankan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa prodi perbankan syariah
angkatan 2016 menjadi nasabah Bank Kalbar Syariah, (2) Apakah promosi
berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa prodi perbankan syariah
angkatan 2016 menjadi nasabah Bank Kalbar Syariah, (3) Apakah pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa prodi perbankan syariah
angkatan 2016 menjadi nasabah Bank Kalbar Syariah, (4) Apakah produk,
promosi dan pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan mahasiswa prodi perbankan syariah angkatan 2016
menjadi nasabah Bank Kalbar Syariah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode
pendekatan secara kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi
perbankan syariah angkatan 2016 IAIN Pontianak. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yaitu dengan uji regresi linier
berganda menggunakan program SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial: 1) Variabel
Produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. 2)
Variabel Promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. 3)
Variabel Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi
nasabah. 4) Secara simultan (bersama-sama) variabel Produk, Promosi dan
Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. |
en_US |