ANALISIS HUBUNGAN PROGRAM EKSTRA KURIKULER BACA TULIS AL-QUR'AN (BTQ) DAN METODE AL-BAYAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 01 NANGA PINOH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.author Mutoharoh, Mutoharoh
dc.date.accessioned 2023-06-20T07:14:41Z
dc.date.available 2023-06-20T07:14:41Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3217
dc.description.abstract Penelitian ini berdasarkan permasalahan: 1) Bagaimanakah bentuk Pelaksanaan Program Ekstra kurikuler baca tulis Al-Qur'an bagi siswa; 2) Bagaimana hubungan Program Ekstra kurikuler baca tulis Al-Qur'an dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa; 3) Bagaimanakah Pengaruh hubungan Program Ekstra kurikuler baca tulis Al-Qur'an dengan metode Al-Bayan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa SMP Negeri 1 Nanga Pinoh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bentuk Pelaksanaan Program Ekstra kurikuler baca tulis Al-Qur'an bagi siswa; 2) Hubungan Program Ekstra kurikuler baca tulis Al-Qur'an dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa; 3) Hubungan Program Ekstra kurikuler baca tulis AlQur'an dengan metode Al-Bayan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa SMP Negeri 1 Nanga Pinoh. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari 30 responden yaitu: 1) 5 orang siswa kelas 7a, 2) 5 orang anak kelas 7b, 3) 5 orang anak kelas 7c, 4) 5 orang anak kelas 7d, 5) 5 orang anak kelas 7e, 6) 5 orang anak kelas 7f. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah statistik inferensial. Analisis Korelasi Ganda berfungsi untuk mencari besarnya hubungan antara dua variabel bebas (X) atau lebih secara simultan (bersama-sama) dengan variabel terikat (Y). Kesimpulannya bahwa: 1) Bentuk Pelaksanaan Program Ekstra kurikuler baca tulis Al-Qur'an, siswa disuruh membaca satu persatu, atau pernah juga membacanya dipimpin gurunya lalu siswa mengikuti. 2) Hubungan Program Ekstra kurikuler baca tulis Al-Qur'an, berdasarkan data hasil Fhitung lebih kecil dari Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa variabel X1 memiliki hubungan yang siknifikan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI Siswa. 3) Hubungan Metode Al-Bayan, berdasarkan data hasil Fhitung lebih kecil dari Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa variabel X2 memiliki hubungan yang siknifikan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI Siswa SMP Negeri 1 Nanga Pinoh. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hubungan Program BTQ en_US
dc.subject Metode Al Bayyan en_US
dc.subject Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title ANALISIS HUBUNGAN PROGRAM EKSTRA KURIKULER BACA TULIS AL-QUR'AN (BTQ) DAN METODE AL-BAYAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 01 NANGA PINOH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account