dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh moral generasi muda yang semakin krisis.
Penyebabnya dikarenakan metode dalam pendidikan moral belum efektif dan
efesien. Melalui Pendidikan Agama Islam adalah sebagai cara atau pedoman siswa
untuk mengetahui dan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter di dalam kelas.
Untuk itu siswa diberi bimbingan sesuai dengan perkembangan tetapi tidak juga
menyimpang dari ajaran agamanya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan internalisasi nilai
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Isam siswa kelas V di SDN 09 Pontianak
Tenggara dan nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam siswa kelas V di SDN 09 Pontianak Tenggara.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Penelitian ini dilakukan di SDN 09 Pontianak Tenggara. Sumber data primer
dari penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah dan peserta didik kelas V SDN
09 Pontianak Tenggara. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen-dokumen
yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data
menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan
atau verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah
trianggulasi dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan internalisasi nilai pada mata
pelajaran PAI melalui tiga tahapan, yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi
nilai dan tahap trans-internalisasi nilai. Adapun dari tiga tahapan tersebut ada
beberapa bentuk dalam proses tahapan internalisasinya yaitu tahap transformasi
nilai bentuk kegiatannya yaitu dengan memberikan arahan, nasihat dan motivasi.
Tahap transaksi nilai bentuk wujud kegiatannya yaitu guru melakukan interaksi
dengan siswa di dalam kelas dan mempengaruhi siswa dengan contoh nilai yang
dijalankan guru. Kemudian wujud atau bentuk tahap trans-internalisasi yaitu
melakukan nilai baik secara berulang-ulang dan melakukan atau menjadikan
pembiasaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan nilai yang
diinternalisasikan pada mata pelajaran PAI yaitu religius, gemar membaca, disiplin,
peduli lingkungan dan mandiri. |
en_US |