UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS SISWA: Studi di MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah Tahun Pelajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Maulana, Tika
dc.date.accessioned 2023-06-19T06:15:59Z
dc.date.available 2023-06-19T06:15:59Z
dc.date.issued 2022-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3211
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) persepsi guru akidah akhlak tentang pentingnya membangun karakter religius siswa di MIS Nurul Hasanah, 2) hal-hal yang perlu diperhatikan guru akidah akhlak dalam membangun karakter religius siswa di MIS Nurul Hasanah, 3) faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru akidah akhlak dalam membangun karakter religius siswa di MIS Nurul Hasanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskripif. Lokasi penelitian ini adalah MIS Nurul Hasanah, Sungai Nipah. Sumber data utama adalah guru akidah akhlak, dan sumber data sekunder adalah kepala madrasah, perwakilan siswa MIS Nurul Hasanah, dan perwakilan orang tua/wali siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui kondensasi data, data display, dan verifikasi data/penarikan simpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru akidah akhlak mempersepsikan bahwa upaya dalam membangun karakter religius merupakan hal yang penting, karena dengan adanya karakter religius, siswa mampu menghadapi zaman yang modern ini, dengan menerapkan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupannya, sehingga segala tingkah laku siswa tidak bertentangan/bertolak belakang dengan agama. 2) Hal-hal yang perlu diperhatikan guru akidah akhlak dalam membangun karakter religius siswa di MIS Nurul Hasanah adalah pembenahan mata pelajaran yang ada, menggunakan metode yang tepat (pembiasaan, memberikan keteladanan, dan memberikan nasehat/motivasi), adanya pembiasaan/praktik keagamaan (seperti membaca doa sebelum dan sesudah belajar, membaca surah-surah pendek, membaca surah Yasin pada hari Jum’at, salat duha dan zuhur berjamaah), dan memperbaiki kompetensi, kinerja, dan karakter guru. 3) faktor pendukung dan penghambat upaya guru akidah akhlak dalam membangun karakter religius siswa yaitu, faktor pendukung: keluarga dan lingkungan yang baik, adanya kekompakan semua guru dalam membimbing, mengawasi, mendidik serta mengarahkan siswa, kesiapan guru dan siswa, sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat: kurangnya pengawasan dari orang tua, belum ada komunikasi antara guru dan orang tua/wali siswa, Lingkungan yang buruk, terbatasnya waktu yang dimiliki guru di sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Karakter Religius en_US
dc.subject Guru Akidah Akhlak en_US
dc.title UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS SISWA: Studi di MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah Tahun Pelajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account