STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MIPA I MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma’ruf, Ma’ruf
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.author Sriwati, Sriwati
dc.date.accessioned 2023-06-19T03:49:12Z
dc.date.available 2023-06-19T03:49:12Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3208
dc.description.abstract Penelitian ini berlatar belakang pada fenomena adanya kendala yang dialami oleh guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang menyatakan telah menyampaikan materi ajar dengan baik tetapi hasil belajar peserta didik yang diperoleh masih kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan khusus untuk mendeskripsikan tentang: 1) Perencanaan pelaksanaan strategi pembelajaran, 2) Langkah-langkah pelaksanaan strategi pembelajaran, 3) Evaluasi strategi pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yaitu Guru dan Peserta Didik, melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, melalui proses pengerjaan reduksi data, data display, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pelaksanaan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru mempertimbangkan hubungan antara materi ajar telah sesuai dengan strategi yang dipilih, mempertimbangkan pedoman atau teori-teori yang ada, tujuan pembelajaran yang akan dicapai, kemampuan guru dan peserta didiknya. 2) Langkahlangkah pelaksanaan strategi pembelajaran discovery learning dan metode pembelajaran yang digunakan yakni ceramah, tanyajawab, dan diskusi kelompok. Langkah-langkah dalam pelaksanaan strategi discovery learning belum sesuai RPP karena situasi di mana waktu pembelajaran telah selesai. 3) Evaluasi pelaksanaan strategi pembelajaran pada mata pelajaran SKI sudah baik karena telah menggunakan dua teknik penilaian yaitu teknik penilaian tes perbuatan (tes lisan) melalui menjawab pertanyaan langsung dan tes tertulis berupa hasil dari kerja kelompok. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Sejarah Kebudayaan Islam en_US
dc.title STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MIPA I MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account