dc.description.abstract |
Penelitian ini berlatar belakang pada fenomena adanya kendala yang dialami
oleh guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang menyatakan telah
menyampaikan materi ajar dengan baik tetapi hasil belajar peserta didik yang
diperoleh masih kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan khusus untuk
mendeskripsikan tentang: 1) Perencanaan pelaksanaan strategi pembelajaran,
2) Langkah-langkah pelaksanaan strategi pembelajaran, 3) Evaluasi strategi
pembelajaran.
Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yaitu Guru dan Peserta Didik,
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, melalui proses pengerjaan
reduksi data, data display, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pelaksanaan
strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru mempertimbangkan
hubungan antara materi ajar telah sesuai dengan strategi yang dipilih,
mempertimbangkan pedoman atau teori-teori yang ada, tujuan pembelajaran
yang akan dicapai, kemampuan guru dan peserta didiknya. 2) Langkahlangkah pelaksanaan strategi pembelajaran discovery learning dan metode
pembelajaran yang digunakan yakni ceramah, tanyajawab, dan diskusi
kelompok. Langkah-langkah dalam pelaksanaan strategi discovery learning
belum sesuai RPP karena situasi di mana waktu pembelajaran telah selesai.
3) Evaluasi pelaksanaan strategi pembelajaran pada mata pelajaran SKI sudah
baik karena telah menggunakan dua teknik penilaian yaitu teknik penilaian
tes perbuatan (tes lisan) melalui menjawab pertanyaan langsung dan tes
tertulis berupa hasil dari kerja kelompok. |
en_US |