dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran orang tua
di Desa Sui. Bemban akan pendidikan. Bagi mereka pendidikan tidak
menjamin keberhasilan, sehingga mereka memilih untuk tidak melanjutkan
pendidikan kepada anak-anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi.
Seharusnya pola pemikiran yang diterapkan oleh orang tua mereka dahulu
harus di ubah menjadi lebih baik dari sebelumnya guna menyadarkan
kembali akan pentingnya dunia pendidikan. Pendidikan tidaklah hanya
sebatas tentang keagamaan, perlu di sadari pendidikan formal juga menjadi
penunjang keberhasilan di dalam pendidikan. Pola pemikiran seperti ini
sebaiknya di hilangkan. Seharusnya orang tua sadar akan pentingnya
pendidikan untuk anak-anak mereka, karena dengan dibekali pendidikan
anak bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa memotivasi diri sendiri
dan orang lain. Sementara keteladanan yang diberikan orang tua cenderung
kearah keagamaan, karena orang tua beranggapan anak bisa membaca dan
berhitung sudah menjadi modal dalam dunia pendidikan, sehingga orang tua
tidak maksimal dalam mengarahkan anaknya. Demikian pula karakteristik
dari kecenderungan orang tua dalam perannya mendidik anak mereka di
kalangan Muslim-Melayu Desa Sui. Bemban. Kecenderungan inilah yang
menjadi latar belakang penelitian ini.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sui. Bemban Kecamatan
Kubu Kabupaten Kubu Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan
ialah teknik observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Adapun teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk mengecek keabsahan
data peneliti menggunakan teknik triangulasi dan member check.
Berdasarkan analisis data yan dilakukan, maka kesimpulan dari penelitian
ini ialah: 1) Peran orang tua dalam pendidikan anak adalah: a) Orang tua
menerapkan pendidikan terutama pendidikan agama, b) Orang tua
membiasakan anak untuk selalu mengulang pelajaran, c) Orang tua
memasukkan anak les, d) Orang tua selalu meluangkan waktu untuk
membantu anak mengerjakan tugas, dan e) Orang tua menciptakan suasana
belajar yang nyaman. 2) Keteladanan orang tua di keluarga Muslim-Melayu
Desa Sui. Bemban yaitu: a) Orang tua mencontohkan hal-hal positif, b)
Orang tua mengajarkan anak untuk shalat, c) Orang tua mengajarkan anak
untuk mengaji, d) Orang tua mengajarkan anak untuk berpuasa, dan e)
Orang tua mengajarkan anak berwudhu. 3) Faktor pendukung dan
penghambat bagi orang tua sebagai berikut: a) Faktor pendukung adalah
sebagai berikut : 1) Faktor Pembawaan, 2) Faktor Keadaan Keluarga di Rumah, 3) Faktor Lingkungan yang Baik, 4) Faktor Perhatian Orang Tua. b)
Faktor Penghambat adalah sebagai berikut : 1) Hambatan orang tua dalam
mendidik anak berasal dari rasa malas anak itu sendiri, 2) Hambatan orang
tua dalam mendidik anak salah satunya adalah faktor ekonomi, sehingga
orang tua kurang maksimal dalam memberikan pendidikan untuk anak, 3)
Hambatan orang tua dalam mendidik anak yaitu kebanyakan anak lebih
senang untuk bermain dibandingkan untuk belajar, 4) Hambatan orang tua
dalam meluangkan waktu karena tidak semua orang tua bisa meluangkan
waktunya untuk mengawasi anaknya ketika belajar dirumah, dan 5)
Hambatan dalam membantu memahami pelajaran anak, orang tua
kebanyakan sulit untuk membantu anak dalam menjelaskan kembali
pelajaran yang tidak dipahami anak karena minimnya pendidikan orang tua. |
en_US |