dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini saya lakukan adalah untuk mengetahui apakah
orang tua siswa kelas VIII SMPN 5 Satu Atap Terentang menggunakan pola
asuh dengan jenis authoritative, sehingga dari pola asuh tersebut memiliki
penngaruh pada hasil belajar Siswa. Jenis penelitian yang saya gunakan ini
adalah penelitian kuantitatif dengan metode uji regresi leanier sederhana.
Sumber data penelitian ini dari data primer yang mana data tersebut saya
peroleh melalui hasil test pengisian kuesioner (Angket). teknik
pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran dua jenis agket yaitu
angket pola asuh authoritative dan angket hasil belajar serta pengamatan
tingkah laku dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan hasil positif yang mana terdapat
pengaruh dari pola asuh authoritative terhadap hasil belajar siswa kelas VIII
pada mapel pendidikan agama islam dan secara keseluruhaan siswa kelas
VIII memiliki nilai rata-rata 77,35 sebagai nilai pengetahuan yang mereka
dapatkan, sedangkan nilai keterampilan memiliki nilai rata-rata 75,17 dari
keseluruhan siswa. Dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai
nilai KKM yang mana nilai 75 sebagai nilai KKM mata pelajaran
pendidikan agama islam dan dari hasil uji regresi di SPSS diperoleh nilai
korelasi sebesar 0,750 masuk pada interval 0.60 – 0799 sehingga
disimpulkan bahwa tingkat kekuatan hubungan antara pola asuh
authoritative dengan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam
memiliki tingkat hubungan yang Kuat. |
en_US |