KONSEP PEMBINAAN AKHLAK ANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Zuraya, Helva
dc.contributor.author Juliantini, Maudy
dc.date.accessioned 2023-06-19T00:57:04Z
dc.date.available 2023-06-19T00:57:04Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3200
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembinaan akhlak anak dan pilar-pilarnya menurut pemikiran Muhammad Suwaid yang dibahas dalam buku mendidik anak bersama Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini adalah penelitan Library Research dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Menggunakan data berupa membaca buku Mendidik Anak Bersama Nabi Muhammad karya Muhammad Suwaid yang diterjemahkan oleh Salafuddin Abu Sayyid sebagai sumber sekunder. Mengumpulkan data pendukung dan menyelusuri buku-buku, skripsi, jurnal sebagai tambahan sumber sekunder. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pembinaan akhlak anak menurut Muhammad Suwaid adanya upaya kedua orang tua dan pendidik (guru) merupakan sesuatu keharusan dalam periode kanak-kanak ini, yang dikatakan sebagai masa yang masih fitrah, jernih, serta cepat menerima dan menyambut. Menurut Muhammad Suwaid kebanyakan manusia yang akhlaknya menyimpang itu disebabkan oleh pendidikan yang dilaluinya. Pembinaan akhlak anak menurut Muhammad Suwaid yang merupakan salah satu tokoh pemikir pendidikan Islam juga di antaranya adalah memberikan pengetahuan kepada para pendidik khususnya orang tua dan juga para guru ketika dalam memberikan pembinaan akhlak kepada anak harusnya menggunakan metode yang baik sesuai dengan ajaran dan yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. (2) Adapun pilarpilar dalam pembinaan akhlak anak yang difokuskan Muhammad Suwaid melalui penelaahan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW dan implikasinya terhadap anak di antaranya: Pilar pertama yaitu Adab (Sopan Santun), ada sembilan yang terdiri dari adab dengan kedua orang tua, adab terhadap ulama, adab menghormati dan menghargai orang lain, adab persaudaraan, adab bertetangga, adab meminta izin, adab makan, adab penampilan anak, dan adab mendengarkan Al-Qur’an. Pilar Kedua yaitu Kejujuran, para orang tua harus membiasakan diri berperilaku jujur kepada anak dan jangan sampai anak terperosok dalam ketidakjujuran yang akan berdampak buruk bagi kehidupannya. Pilar Ketiga yaitu Menjaga Rahasia, akan membawa kebaikan bagi anak itu sendiri pada saat sekarang maupun yang akan datang, berguna bagi keselamatan keluarga, serta untuk menjaga keutuhan masyarakat, dan akan berdampak baik pada kepribadiannya. Pilar Keempat yaitu Amanah, merupakan akhlak mendasar yang menjadi karakter Nabi Muhammad SAW dan bahwa tidak amanah merupakan sifat orang munafik. Pilar Kelima yaitu Lapang Dada Tidak Mendengki, sikap ini akan mewujudkan keseimbangan jiwa bagi anak dan akan membiasakannya untuk selalu cinta kepada kebaikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembinaan Akhlak en_US
dc.subject Anak en_US
dc.subject Pemikiran Muhammad Suwaid en_US
dc.title KONSEP PEMBINAAN AKHLAK ANAK en_US
dc.title.alternative STUDI PEMIKIRAN MUHAMMAD SUWAID DALAM BUKU MENDIDIK ANAK BERSAMA NABI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account