PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma’ruf, Ma’ruf
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.author Munawaroh, Mamba’ul
dc.date.accessioned 2023-06-16T07:48:31Z
dc.date.available 2023-06-16T07:48:31Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3198
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap peran guru agama dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di SMA Negeri 8 Pontianak. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana peran guru agama dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di SMA Negeri 8 Pontianak. 2) bentuk-bentuk toleransi apa saja yang ditanamkan di SMA Negeri 8 Pontianak. 3) faktor pendukung serta peghambat dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di SMA Negeri 8 Pontianak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa kondensasi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (Verification). Teknik keabsahan data menggunakan triangulasai sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) peran guru agama dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di SMA Negeri 8 Pontianak yaitu sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai model atau teladan serta sebagai penasihat. 2) Bentuk-bentuk toleransi yang di tanamkan di SMA Negeri 8 Pontianak yaitu: sikap saling tolong menolong antar peserta didik yang berbeda keyakinan, saling menghargai perbedaan yang ada di sekolah dan selalu memberikan kedamaian dalam artian peserta didik tidak pernah bertikai mengenai ajaran atau keyakinan yang di percayai oleh peserta didik lain. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai toleransi diantaranya: faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama kepada peserta didik yaitu kerja sama yang baik antar warga sekolah, dan juga sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu adapun faktor penghambat dari penanaman nilai-nilai toleransi beragama yaitu kematangan kemampuan berfikir peserta didik yang berbeda-beda sehingga mengakibatkan terhambatnya proses penanaman nilai-nilai toleransi beragama peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru Agama en_US
dc.subject Nilai-Nilai Toleransi Beragama en_US
dc.title PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account