KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMAD NATSIR: RELEVANSINYA DENGAN NATION CHARACTER BUILDING

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.author Robithoh, Lulu’
dc.date.accessioned 2023-06-16T07:14:40Z
dc.date.available 2023-06-16T07:14:40Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3195
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya dikotomi pendidikan khususnya di Indonesia. Maka peneliti tertarik terhadap pemikiran pendidikan Islam Muhammad Natsir yang integral dan menghubungkannya dengan nation character building karena selain tokoh pendidikan Muhammad Natsir juga dikenal sebagai putera birokrat, politisi, dan dai ternama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan data tentang 1) pemikiran pendidikan Islam Muhammad Natsir. 2) relevansi pemikiran pendidikan Islam Muhammad Natsir dengan Nation character building? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research (kepustakaan), sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data primer berupa buku dengan judul Capita Selecta karya Muhammad Natsir dan sumber data sekunder berupa buku-buku dan jurnal terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi isi (content analysis) Hasil dari penelitian konsep pendidikan Islam Muhammad Natsir: relevansinya dengan nation character building, dapat disimpulkan bahwa: 1) Konsep pendidikan Islam Muhammad Natsir ialah konsep pendidikan integral, tujuan pendidikan integralistik adalah untuk menghambakan diri kepada Allah. Sedangkan dasar pendidikan integralistik adalah tauhid. 2) Relevansi pemikiran pendidikan Islam Muhammad Natsir dengan nation character building adalah a) dasar pendidikan tauhid relevan dengan guru sebagai pembentuk karakter bangsa peserta didik yaitu guru yang ikhlas yang menjadikan profesinya sebagai amal untuk mengaharap ridho Allah semata, dasar pendidikan tauhid relevan dengan salah satu tujuan pembangunan karakter Bangsa (nation character building), yaitu untuk membina dan mengembangkan karakter warga negara yaitu mampu mewujudkan masyarakat yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, Ini karakter Bangsa yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Maka konsep tauhid sebagai dasar dalam pendidikan integralistik relevan dengan nilai ketuhanan sila pertama. Tauhid juga relevan dengan salah satu dari prinsip-prinsip pendidikan agama Islam, yaitu prinsip mengembangkan fitrah bertuhan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Muhammad Natsir en_US
dc.subject Nation character building en_US
dc.title KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMAD NATSIR: RELEVANSINYA DENGAN NATION CHARACTER BUILDING en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account