ANALISIS ISI KUALITATIF PELANGGARAN DAN PENERAPAN KODE ETIK PROFESI PUBLIC RELATIONS DALAM FILM PENDEK JENNY OH JENNY

Show simple item record

dc.contributor.advisor Handes, Handes
dc.contributor.advisor Syifa, Abdullah
dc.contributor.author Azizah, Nurul
dc.date.accessioned 2023-06-12T01:42:51Z
dc.date.available 2023-06-12T01:42:51Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3150
dc.description.abstract Penelitian ini mengangkat tema Public Relations sebagai sebuah profesi dalam sebuah Film Pendek Jenny Oh Jenny. Profesi Public Relations memiliki peraturan yang telah ditetapkan untuk mengatur dan mengawasi perilaku praktisi selama menjalani profesi. Pada kenyataannya setiap orang cenderung melakukan pelanggaran dengan berbagai alasan. Pelanggaran ini yang tergambar dalam Film Pendek Jenny Oh Jenny yang berdurasi 5 menit 35 detik. Tujuan permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkap: bentuk pelanggaran kode etik Public Relations dan bagaimana penerapan kode etik Public Relations yang ditinjau dari peraturan kode etik PERHUMAS (Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia) yakni komitmen pribadi, perilaku terhadap klien atau atasan, perilaku terhadap masyarakat dan media massa, serta perilaku terhadap sejawat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pedekatan analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data model Philipp Mayring. Langkah-langkah analisis isi model Philipp Mayring sebagai berikut: (1) Merumuskan pertanyaan penelitian; (2) Penentuan definisi kategori; (3) Tahap demi tahap perumusan kategori; (4) Revisi kategori dan pengkodean agenda dalam pengecekkan formatif; (5) Pekerjaan final, dalam revisi kategori terdapat pengecekkan sumatif; (6) interpretasi hasil. Hasil penelitian yang dilakukan pada Film Pendek Jenny Oh Jenny diketahui bahwa: (1) Berdasarkan pasal kode etik PERHUMAS terdapat beberapa pelanggaran, yaitu diantaranya: kurang menerapkan moralitas dalam profesi, tindak merendahkan martabat atasan, tindak kebohongan, terdapat tindak terhadap kerahasiaan informasi, mendukung kepentingan pribadi yang berujung pelanggaran terhadap jalur media massa seperti manipulasi dan tindakkan tanpa mementingkan masyarakat, serta kurangnya kerjasama dengan teman sejawat dalam menerapkan etika Public Relations. (2) Penerapan yang dilakukan berdasarkan pasal kode etik PERHUMAS, ialah: adanya kerja sama dalam menjalin hubungan nyata dengan masyarakat dan media. Adanya integritas dan profesionalitas dalam bekerja, berkomitmen dengan jujur dan bermoral dalam menolak tindak pelanggaran terhadap kode etik Public Relations. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Analisis Isi Kualitatif en_US
dc.subject Film Pendek en_US
dc.subject Pelanggaran Kode Etik en_US
dc.title ANALISIS ISI KUALITATIF PELANGGARAN DAN PENERAPAN KODE ETIK PROFESI PUBLIC RELATIONS DALAM FILM PENDEK JENNY OH JENNY en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account