dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesenjangan antara
harapan dan kenyataan. Seperti yang kita ketahui bahwa impor pakaian
bekas merupakan hal ilegal karena melanggar aturan pemerintah terkait
larangan mengimpor bahan bekas yang tertuang dalam peraturan menteri
perdagangan (Permendag) pada pasal 2 Nomor 51/M-DAG/PER/7/2015.
Namun kenyataannya Indonesia masih saja menjadi sasaran penyelundupan
pakaian bekas serta masih banyak masyarakat yang memiliki minat beli
pada pakaian bekas. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui
faktor apa saja yang mempengaruhi minat beli konsumen pakaian bekas
pasar lelong Uka Pontianak Barat dengan mengfokuskan pada 3 faktor
eksternal yang terpilih pada kuesioner penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kualitas
produk terhadap minat beli konsumen secara parsial; 2) pengaruh harga
terhadap minat beli konsumen secara parsial; 3) pengaruh lokasi terhadap
minat beli konsumen secara parsial; 4) pengaruh kualitas produk, harga dan
lokasi terhadap minat beli secara simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif
kausal, data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner
menggunakan google form pada konsumen pakaian bekas yang telah
berkunjung dan melakukan pembelian minimal 2 kali dalam kurun waktu 2
bulan terakhir. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah Regresi Liniar Berganda dengan
menggunakan SPSS Versi 25.
Hasil Uji Parsial pada penelitian ini menunjukan bahwa: 1) variabel
kualitas produk berpengaruh positif signifikan dengan nilai t hitung sebesar
2,444 lebih besar dari t tabel 1,986; 2) variabel harga berpengaruh positif
dan signifikan dengan nilai t hitung sebesar 6,441 lebih besar dari t tabel
1,986; 3) variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai t
hitung sebesar 3,064 lebih besar dari t tabel 1,986; 4) hasil dari Uji Simultan
variabel kualitas produk, harga dan lokasi secara simultan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli pakaian bekas dengan nilai uji f
sebesar 121,600 lebih besar dari f tabel 2,70 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05. |
en_US |