dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelayanan
terhadap konsumen di mitra mandiri. 2) untuk mengetahui bagaimana mitra
mandiri dalam melayani konsumen sesuai etika bisnis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. sumber data yang di gunakan dibagi menjadi dua yaitu data primer dan
data skunder. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini observasi
langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui 4
tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) mitra mandiri
menerapkan pelayanan terhadap konsumen untuk mencapai profit yang maksimal
terdiri dari: Tolong menolong, memberi kemudahan, persamaan, saling mencintai,
lemah lembut, kekeluargaan, sebagian sudah di laksanakan kecuali tolong
menolong yang tidak di laksanakan, islam mengajarkan bahwa dalam kehidupan
manusia harus tolong menolong, karyawan harus memiliki sifat ikhlas dalam
membantu. 2) mitra mandiri dalam melayani konsumen sesuai etika bisnis masih
belum optimal karena ada sebagian yang telah diterapkan dengan baik dan sesuai
dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam, sedangkan ada beberapa yang belum
sesuai dengan etika bisnis yaitu otonomi, saling menguntungkan, integrasi moral,
masih kekurangan dalam membantu konsumen ketika kesulitan. |
en_US |