PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (STUDI KASUS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sabirin, Sabirin
dc.contributor.advisor Olivia, Monica
dc.contributor.author Indriani, Sri Eka
dc.date.accessioned 2023-05-23T03:09:42Z
dc.date.available 2023-05-23T03:09:42Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3029
dc.description.abstract Pertumbuhan Perbankan Syariah dan perkembangan aset keuangan syariah berkembang pesat di Indonesia, dengan total aset mencapai Rp. 1.710,16 triliun per September 2020. Hal ini menunjukkan besarnya daya minat masyarakat terhadap perbankan syariah terutama Bank Umum Syariah. Hal ini mendorong lahirnya tanggung jawab sosial sesuai dengan prinsipprinsip syariah. Islamic Social Reporting (ISR) merupakan indeks pengungkapan tanggung jawab sosial yang sesuai dengan prinsip-prinsip islam. Indeks ISR terdiri dari 6 (enam) tema antara lain: investasi dan keuangan, produk dan jasa, karyawan, masyarakat, lingkungan, serta tata kelola perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Profitabilitas, Ukuran perusahaan, dan Leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah. Populasi penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia periode 2016-2020. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling (kriteria tertentu), sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 11 Bank Umum Syariah sehingga menjadi 55 data sampel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel (pooled data), dengan uji chow, uji hausman, uji langrange multiplier (LM) dan uji hipotesis (uji R2 , uji t, dan uji F), model estimasi regresi data panel yag digunakan yaitu Random Effect Model (REM), pengolahan data menggunakan program E-Views 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (Size) berpengaruh terhadap pengungkapan ISR pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2016-2020. Sedangkan Profitabilitas dan Leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2016-2020. Sedangkan dari hasil Koefesien Determinasi (R2 ) menunjukkan pengaruh pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage sebesar 0,161169 terhadap pengungkapan ISR. Dapat diartikan bahwa sebesar 16,11% pengungakan ISR dipengaruhi oleh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage. Sedangkan sisanya 83,89% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Profitabilitas en_US
dc.subject Ukuran Perusahaan en_US
dc.subject Leverage en_US
dc.subject Pengungkapan ISR en_US
dc.title PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (STUDI KASUS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account