dc.description.abstract |
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility
(CSR) merupakan kepedulian perusahaan yang mencakup aspek
keuangan/ekonomi, kehidupan sosial dan juga lingkungan hidup. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Tanggung Jawab Sosial yang
komponennya mengacu kepada komponen yang termuat dalam Islamic Social
Reporting yaitu Pendanaan dan Invesasi, Produk dan Jasa, Tenaga Kerja,
Kemasyarakatan / Keterlibatan Komunitas, Lingkungan, Tata Kelola Perusahaan
terhadap profitabilitas (Return on Assets).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis
penelitiannya menggunakan jenis penelitian assosiatif. Populasi pada penelitian
ditetapkan peneliti pada Perbankan syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa
Keuangan (OJK) selama periode 2016-2020 dengan 14 Bank Umum Syariah di
Indonesia dengan jumlah sampel 12 Bank Umum Syariah. Adapun sumber data
yang digunakan adalah data sekumder yang diambil laporan tahunan pada website
setiap Bank Umum Syariah. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat
asumsi klasik dengan analisis regresi data panel. Pengujian hipotesis dalam
penelitian ini menggunakan uji f, uji t, dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial (uji T)
variabel pendanaan dan investasi dan produk dan jasa berpengaruh terhadap
profitabilitas (Return on Assets). Sedangkan secara simultan (uji F) Corporate
Social Responsibility (CSR) yang komponennya mengacu kepada komponen yang
termuat dalam ISR diantaranya Pendanaan dan Investasi, Produk dan Jasa, Tenaga
Kerja, Masyarakat, Lingkungan, dan Tata Kelola Organisasi secara bersama-sama
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas (Return On Asset). |
en_US |