METODE PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fachrurrazi, Fachrurrazi
dc.contributor.advisor Ilhamdi, Ilhamdi
dc.contributor.author Karomah, Fina Lailatul
dc.date.accessioned 2023-05-10T06:25:56Z
dc.date.available 2023-05-10T06:25:56Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2932
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Metode pengembangan kualitas sumber daya manusia, kendala penerapan metode pengembangan kualitas sumber daya manusia dan evaluasi kinerja pengembangan kualitas sumber daya manusia di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah sumber primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada pimpinan bank dan karyawan Bank Muamalat Indonesia KC Pontianak. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen, file dan kegiatan yang berkaitan dengan metode pengembangan sumber daya manusia di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Pontianak. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk pengumpulan datanya yaitu teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dengan metode yang telah ditentukan, dengan tujuan untuk membuat deskripsi mengenai objek penelitian secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai faktafakta, sifat-sifat, serta fenomena yang diselidiki. Kemudian, data tersebut diolah dan dianalisis dengan pola pikir induktif. Fakta-fakta yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana metode pengembangan kualitas sumber daya manusia di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Pontianak. Peneliti juga menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan menggunakan informan yang berbeda untuk mengecek kebenaran informasi tersebut melalui berbagai perspektif atau pandangan diharapkan diperoleh hasil yang mendekati kebenaran. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Metode pengembangan kualitas sumber daya manusia yang di lakukan PT. Bank Muamalat Indonesia KC Pontianak adalah dengan metode pendidikan, pelatihan, dan diberikan kegiatan tambahan dalam metode pengembangan SDM dengan diadakannya kegiatan rohani dan pemberian motivasi. 2) Kendala berasal dari diri setiap sumber daya manusia sendiri yang tidak ada keinginan untuk berkembang dan kemauan maju, penyelesaiannya dengan diadakan penerapan strategi melalui pelatihan, kegiatan rohani, pemberian motivasi, sharing dan promosi jabatan. 3) Evaluasi dilakukan dalam bentuk penilaian terhadap perubahan kerja, perubahan kepribadian dan tingkah laku dan penilaian oleh peserta terhadap metode pengembangan SDM yang sudah diterapkan. Pengawasan langsung oleh kantor pusat setiap bulannya terhadap kinerja karyawan, jika kinerja sumber daya manusia tidak memuaskan maka pimpinan cabang akan memberikan coaching kepada setiap karyawan yang bersangkutan, juga diadakannya briefing tambahan untuk dapat mengevaluasi hasil kerja karyawan yang dilakukan oleh pimpinan cabang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Kualitas Sumber Daya Manusia en_US
dc.title METODE PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA en_US
dc.title.alternative Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia KC Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account