PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS V SDN 06 MEMPAWAH HILIR TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.author Saputri, Weni
dc.date.accessioned 2023-05-10T02:40:38Z
dc.date.available 2023-05-10T02:40:38Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2924
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya penerapan nilai-nilai karakter dalam pelajaran, yaitu substansi mata pelajaran PAI. Dimana pendidikan saat ini dinilai masih berada pada level yang rendah. Hal ini terlihat dari berbagai permasalahan yang berkaitan dengan berbagai bidang pendidikan. Salah satu permasalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya penerapan nilai-nilai karakter. Ada 2 tujuan penelitian dalam skripsi ini, yaitu : (1) Nilai-nilai karakter yang di terapkan dalam pembelajaran PAI di kelas V SDN 06 Mempawah Hilir Tahun Ajaran 2020/2021. (2) Proses Penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI di kelas V SDN 06 Mempawah Hilir Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis metode studi kasus pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini merupakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Mengolah keabsahan data yaitu dengan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian, “penerapan nilai-nilai karakter dalam pelajaran PAI di kelas V SDN 06 Mempawah Hilir Tahun Ajaran 2020/2021”. Diantaranya : (1) Nilai karakter yang di terapkan adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai dan bertanggung jawab. (2) Proses penerapan nilai karakter dalam pembelajaran adalah dengan memberikan pembiasaan dan keteladanan kepada peserta didik. Pembiasaan nilai-nilai agama, membaca doa dan surah pendek. Kejujuran, larangan mencontek saat ulangan. Toleransi, guru memberikan pelayanan yang sama dan membiasakan peserta didik menghargai perbedaan. Nilai kedisiplinan peserta didik untuk hadir tepat waktu dan menaati peraturan sekolah. Kerja keras, mengadakan kompetensi yang sehat. Kreatif, menumbuhkan situasi belajar yang kreatif. Kemandirian, peserta didik melaksanakan tugas kelas secara mandiri. Rasa ingin tahu, guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran PAI, peserta didik akan bertanya terkait materi tersebut. Semangat kebangsaan, melatih peserta didik memiliki jiwa kepemimpinan. Cinta tanah air, mengadakan upacara bendera dan menghormati guru dan temannya. Menghargai prestasi, pemberian tugas individu yang langsung di buku LKS. Nilai bersahabat, menjalin hubungan baik dan berinteraksi baik dengan siapa saja. Cinta damai, menghargai dan menghormati sesama teman. Tangung jawab, melalui kegiatan piket dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah. Sedangkan keteladanan yang diberikan oleh guru adalah dengan memberikan contoh bagaimana memiliki sifat terpuji dan menjauhi sifat tercela dalam kehidupan sehari-hari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Nilai Karakter en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.title PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS V SDN 06 MEMPAWAH HILIR TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account