dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya penerapan nilai-nilai karakter dalam pelajaran, yaitu substansi mata pelajaran PAI. Dimana
pendidikan saat ini dinilai masih berada pada level yang rendah. Hal ini terlihat
dari berbagai permasalahan yang berkaitan dengan berbagai bidang pendidikan.
Salah satu permasalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya penerapan nilai-nilai karakter. Ada 2 tujuan penelitian dalam skripsi ini, yaitu : (1) Nilai-nilai
karakter yang di terapkan dalam pembelajaran PAI di kelas V SDN 06
Mempawah Hilir Tahun Ajaran 2020/2021. (2) Proses Penerapan nilai-nilai
karakter dalam pembelajaran PAI di kelas V SDN 06 Mempawah Hilir Tahun
Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis metode studi kasus pendekatan
kualitatif. Sumber data penelitian ini merupakan sumber data primer dan sumber
data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi.
Mengolah keabsahan data yaitu dengan triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian, “penerapan nilai-nilai
karakter dalam pelajaran PAI di kelas V SDN 06 Mempawah Hilir Tahun Ajaran
2020/2021”. Diantaranya : (1) Nilai karakter yang di terapkan adalah religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai dan
bertanggung jawab. (2) Proses penerapan nilai karakter dalam pembelajaran
adalah dengan memberikan pembiasaan dan keteladanan kepada peserta didik.
Pembiasaan nilai-nilai agama, membaca doa dan surah pendek. Kejujuran,
larangan mencontek saat ulangan. Toleransi, guru memberikan pelayanan yang
sama dan membiasakan peserta didik menghargai perbedaan. Nilai kedisiplinan
peserta didik untuk hadir tepat waktu dan menaati peraturan sekolah. Kerja keras,
mengadakan kompetensi yang sehat. Kreatif, menumbuhkan situasi belajar yang
kreatif. Kemandirian, peserta didik melaksanakan tugas kelas secara mandiri.
Rasa ingin tahu, guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran PAI, peserta
didik akan bertanya terkait materi tersebut. Semangat kebangsaan, melatih peserta
didik memiliki jiwa kepemimpinan. Cinta tanah air, mengadakan upacara bendera
dan menghormati guru dan temannya. Menghargai prestasi, pemberian tugas
individu yang langsung di buku LKS. Nilai bersahabat, menjalin hubungan baik
dan berinteraksi baik dengan siapa saja. Cinta damai, menghargai dan
menghormati sesama teman. Tangung jawab, melalui kegiatan piket dan
berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah. Sedangkan keteladanan yang
diberikan oleh guru adalah dengan memberikan contoh bagaimana memiliki sifat
terpuji dan menjauhi sifat tercela dalam kehidupan sehari-hari. |
en_US |