PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS V DI MIN 3 PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Hamidah, Sri Rizki
dc.date.accessioned 2023-05-10T02:16:31Z
dc.date.available 2023-05-10T02:16:31Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2921
dc.description.abstract Proses pembelajaran merupakan unsur penting untuk membangun generasi muda yang lebih berkualitas. Dalam pelaksanaannya di masa pandemi tentu tidak selalu berjalan mulus seperti sebelum adanya pandemi, ada hambatan baru yang melatarbelakangi timbulnya problematika pembelajaran dapat terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di masa pandemi pada siswa kelas V MIN 3 Pontianak Tenggara tahun pelajaran 2022, (2) Problematika yang dialami oleh pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di masa pandemi, (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits di masa pandemi pada siswa kelas V MIN 3 Pontianak Tenggara tahun pelajaran 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di masa pandemi pada siswa kelas V MIN 3 Pontianak Tenggara tahun pembelajaran 2022 dilaksanakan dengan sistem pembelajaran campuran yakni, sistem pembelajaran daring dengan media pembelajaran WhatsApp dan sistem pembelajaran luring. (2) Problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits Hadits di masa pandemi pada siswa kelas V MIN 3 Pontianak Tenggara tahun pembelajaran 2022 yang terjadi disebabkan karena beberapa faktor diantaranya, pertama, faktor pendidik yakni, kurangnya penguasaan teknologi, metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan keterbatasan guru untuk mengontrol proses pembelajaran. Kedua, faktor peserta didik yakni keterbatasan alat belajar (handphone), pemahaman materi yang rendah, kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar yang kurang memuaskan, suasana rumah/keluarga dan kurangnya pemantauan dari orang tua. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits di masa pandemi pada siswa kelas V MIN 3 Pontianak Tenggara tahun pembelajaran 2022 diantaranya, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, menciptakan komunikasi yang baik dengan orang tua peserta didik dan menggunakan metode dan media pembelajaran yang variatif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Problematika Pembelajaran en_US
dc.subject Al-Qur’An Hadits en_US
dc.subject Pandemi COVID-19 en_US
dc.title PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS V DI MIN 3 PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account