dc.description.abstract |
Proses pembelajaran merupakan unsur penting untuk membangun generasi
muda yang lebih berkualitas. Dalam pelaksanaannya di masa pandemi tentu tidak
selalu berjalan mulus seperti sebelum adanya pandemi, ada hambatan baru yang
melatarbelakangi timbulnya problematika pembelajaran dapat terjadi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di
masa pandemi pada siswa kelas V MIN 3 Pontianak Tenggara tahun pelajaran 2022,
(2) Problematika yang dialami oleh pendidik dan peserta didik selama proses
pembelajaran Al-Qur’an Hadits di masa pandemi, (3) Upaya yang dilakukan untuk
mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits di masa pandemi pada
siswa kelas V MIN 3 Pontianak Tenggara tahun pelajaran 2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah: (1) pelaksanaan
pembelajaran Al-Qur’an Hadits di masa pandemi pada siswa kelas V MIN 3
Pontianak Tenggara tahun pembelajaran 2022 dilaksanakan dengan sistem
pembelajaran campuran yakni, sistem pembelajaran daring dengan media
pembelajaran WhatsApp dan sistem pembelajaran luring. (2) Problematika
pembelajaran Al-Qur’an Hadits Hadits di masa pandemi pada siswa kelas V MIN
3 Pontianak Tenggara tahun pembelajaran 2022 yang terjadi disebabkan karena
beberapa faktor diantaranya, pertama, faktor pendidik yakni, kurangnya
penguasaan teknologi, metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan
keterbatasan guru untuk mengontrol proses pembelajaran. Kedua, faktor peserta
didik yakni keterbatasan alat belajar (handphone), pemahaman materi yang rendah,
kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar yang kurang memuaskan, suasana
rumah/keluarga dan kurangnya pemantauan dari orang tua. (3) Upaya yang
dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits di masa
pandemi pada siswa kelas V MIN 3 Pontianak Tenggara tahun pembelajaran 2022
diantaranya, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, menciptakan komunikasi
yang baik dengan orang tua peserta didik dan menggunakan metode dan media
pembelajaran yang variatif. |
en_US |