PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SHALAT DHUHA (PERSEPSI GURU) DI MADRASAH TSANAWIYAH M. BASIUNI IMRAN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma’ruf, Ma’ruf
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author Yusnita, Rini
dc.date.accessioned 2023-05-09T04:24:53Z
dc.date.available 2023-05-09T04:24:53Z
dc.date.issued 2020-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2917
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan pentingnya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan Nasional sering diangkat dalam wacana publik. Pendidikan karakter sudah diterapkan sejak usia dini, salah satunya yakni Shalat Dhuha berangkat dari hal ini maka peneliti ingin mengkaji penerapan nilai pendidikan karakter dalam shalat dhuha (persepsi guru) di MTs M. Basiuni Imran Sambas. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : untuk mengetahui dan mendapatkan data tentang (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam Shalat Dhuha di MTs M. Basiuni Imran Sambas Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Penerapan nilai pendidikan karakter dalam pelaksanaan Shalat Dhuha pada ranah disiplin (persepsi guru) di MTs Muhammad Basiuni Imran Sambas Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Penerapan nilai pendidikan karakter dalam pelaksanaan Shalat Dhuha pada ranah tanggungjawab (persepsi guru) di MTs Muhammad Basiuni Imran Sambas Tahun Pelajaran 2019/2020. (4) Penerapan nilai pendidikan karakter dalam pelaksanaan Shalat Dhuha pada ranah jujur (persepsi guru) di MTs Muhammad Basiuni Imran Sambas Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan Akidah Akhlak (Bapak Ristian S.Pd dan Ustadzah Haziba S. Pd). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung. Untuk mengolah kabsahan data peneliti digunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan peneliti, tentang nilai pendidikan karakter dalam Shalat Dhuha di MTs M. Basiuni Imran Sambas dapat dikategorikan baik. (1) Nilai-nilai yang terkandung dalam shalat dhuha ( persepsi guru) di MTs M. Basiuni Imran Sambas adalah melatih siswa untuk melaksanakan ibadah baik itu ibadah shalat sunnah, memudahkan rezeki, menanamkan kejujuran pribadi siswa, siswa dapat melakukan shalat dengan baik, kebersamaan, disiplin, berbakti kepada orang tua, mengutamakan awal waktu, religius. (2) Penerapan nilai pendidikan karakter dalam Shalat Dhuha (persepsi guru) pada ranah di siplin, tanggung jawab dan jujur merupakan proses penerapan nilai pendidikan karakter yang dilakukan dengan baik melalui shalat dhuha. Hasil yang diperoleh dari penerapan nilai karakter pada ranah disiplin, tanggung jawab, dan jujur melalui shalat Dhuha di MTs M.Basiuni Imran Sambas yaitu siswa menjadi terbiasa mengerjakan sesuatu salah satunya shalat dhuha secara rutin, memiliki sifat disiplin, tanggung jawab, jujur, ketakwaan kepada Allah SWT semakin meningka, barakhlakul karimah, bermoral baik dan menjadi pribadi muslimah yang baik en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Shalat Dhuha en_US
dc.title PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SHALAT DHUHA (PERSEPSI GURU) DI MADRASAH TSANAWIYAH M. BASIUNI IMRAN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account