dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan pentingnya pendidikan
karakter dalam sistem pendidikan Nasional sering diangkat dalam wacana publik.
Pendidikan karakter sudah diterapkan sejak usia dini, salah satunya yakni Shalat
Dhuha berangkat dari hal ini maka peneliti ingin mengkaji penerapan nilai
pendidikan karakter dalam shalat dhuha (persepsi guru) di MTs M. Basiuni Imran
Sambas. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : untuk mengetahui dan
mendapatkan data tentang (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam
Shalat Dhuha di MTs M. Basiuni Imran Sambas Tahun Pelajaran 2019/2020. (2)
Penerapan nilai pendidikan karakter dalam pelaksanaan Shalat Dhuha pada ranah
disiplin (persepsi guru) di MTs Muhammad Basiuni Imran Sambas Tahun
Pelajaran 2019/2020. (3) Penerapan nilai pendidikan karakter dalam pelaksanaan
Shalat Dhuha pada ranah tanggungjawab (persepsi guru) di MTs Muhammad
Basiuni Imran Sambas Tahun Pelajaran 2019/2020. (4) Penerapan nilai
pendidikan karakter dalam pelaksanaan Shalat Dhuha pada ranah jujur (persepsi
guru) di MTs Muhammad Basiuni Imran Sambas Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah guru pendidikan Akidah Akhlak (Bapak Ristian S.Pd dan
Ustadzah Haziba S. Pd). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara langsung. Untuk mengolah kabsahan data peneliti digunakan
triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan peneliti, tentang nilai pendidikan
karakter dalam Shalat Dhuha di MTs M. Basiuni Imran Sambas dapat
dikategorikan baik. (1) Nilai-nilai yang terkandung dalam shalat dhuha ( persepsi
guru) di MTs M. Basiuni Imran Sambas adalah melatih siswa untuk melaksanakan
ibadah baik itu ibadah shalat sunnah, memudahkan rezeki, menanamkan kejujuran
pribadi siswa, siswa dapat melakukan shalat dengan baik, kebersamaan, disiplin,
berbakti kepada orang tua, mengutamakan awal waktu, religius. (2) Penerapan
nilai pendidikan karakter dalam Shalat Dhuha (persepsi guru) pada ranah di siplin,
tanggung jawab dan jujur merupakan proses penerapan nilai pendidikan karakter
yang dilakukan dengan baik melalui shalat dhuha. Hasil yang diperoleh dari
penerapan nilai karakter pada ranah disiplin, tanggung jawab, dan jujur melalui
shalat Dhuha di MTs M.Basiuni Imran Sambas yaitu siswa menjadi terbiasa
mengerjakan sesuatu salah satunya shalat dhuha secara rutin, memiliki sifat
disiplin, tanggung jawab, jujur, ketakwaan kepada Allah SWT semakin meningka,
barakhlakul karimah, bermoral baik dan menjadi pribadi muslimah yang baik |
en_US |