dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa terdapat problem yang dialami
orang tua dalam mendampingi anak belajar materi PAI di rumah selama
pembelajaran masa new normal. Walaupun banyak problem yang dihadapi orang
tua selama mendampingi anak belajar materi PAI, problem orang tua dalam
mengatur disiplin belajar anak dan problem orang tua dalam menyediakan fasilitas
belajar bagi anak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data penelitian ini adalah orang tua, anak dan kepala sekolah di tempat
tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan
observasi. Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah,
mereduksi data, menyajikan kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data.
Pengujian keabsahan data dilakukan dengan member check dan triangulasi.
Hasil penelitian: 1) Problematika orang tua dalam mendampingi anak
belajar materi PAI di rumah yaitu orang tua kurang bisa memahami materi
pelajaran, sehingga tidak bisa dengan maksimal dalam mengajari anak, orang tua
juga mengalami kesulitan untuk meningkatkan minat dan memotivasi anak untuk
belajar. 2) Problematika orang tua dalam mengatur disiplin anak belajar yaitu ada
sebagaian orang tua yang bisa menetapkan jadwal belajar dengan dibicarakan
kepada anak dan ada pula yang tidak, orang tua tidak bisa untuk selalu mengawasi
anak selama belajar di rumah dikarenakan kesibukan dengan pekerjaan dan urusan
lainnya. 3) Problematika orang tua dalam menyediakan fasilitas belajar yaitu
orang tua tidak bisa menyediakan paket internet, ada beberapa juga yang tidak
memiliki gadget, tidak semua orang tua mampu menyediakan fasilitas belajar
yang nyaman untuk anak belajar karena terbatasnya kondisi orang tua. |
en_US |