dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah di Kelas VIII Mts
Hidyatul Muslimin I Kubu Raya yaitu rendahnya hasil belajar Al-Qur‟an Hadist.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui penerapan metode takrir
dalam menghafal Al-Qur‟an siswa kelas VIII. (2) Mengetahui hasil belajar AlQur‟an Hadits siswa kelas VIII. (3) Mengetahui pengaruh yang signifikansi
metode takrir dalam Menghafal Al-Qur‟an Terhadap Hasil Belajar Al-Qur‟an
Hadits siswa kelas VIII di Mts Hidayatul Muslimin I Kubu Raya Tahun Pelajaran
2021/2022.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif, jenis penelitian
eksperimen. Adapun desain penelitian Quasi Experimental Design dengan
Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah siswa
kelas VIII MTS Hidayatul Muslimin I Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022
sebanyak 2 kelas (63 siswa). Sampel penelitian ini menggunakan teknik total
sampling yaitu semua populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan
data berupa observasi dan pengukuran. Alat pengumpulan data yang digunakan
lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan (1) Analisis
instrument berupa validitas isi, perbutir dan keseluruhan butir, realibilitas, indeks
kesukaran dan daya pembeda (2) Analisis deskriptif berupa penerapan metode
takrir dalam menghafal Al-Qur‟an dan hasil belajar Al-Qur‟an Hadist dan (3)
Analisis pengaruh berupa pemeriksaan asumsi normalitas, persamaan regresi, uji
kesesuian model linier, uji hipotesis serta indeks determinasi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode takrir
dalam menghafal Al-Qur‟an pada siswa kelas VIII MTS Hidayatul Muslimin I
Kubu Raya memiliki persentase hasil pengamatan 81,55% termasuk pada kategori
sangat baik; (2) Hasil belajar Al-Qur‟an Hadist untuk kelas eksperimen pada saat
pretes memiliki nilai rata-rata sebesar 54,52 pada saat postes mengalami
peningkatan 23,87 menjadi 78,39%. Sedangkan hasil belajar Al-Qur‟an Hadist di
kelas kontrol pada saat pretes memiliki rata-rata persentase sebesar 68,91 dan saat
postes mengalami peningkatan 8,97 menjadi 77,88%. Berdasarkan data tersebut
baik pretes maupun protes termasuk kategori baik dan (3) Penerapan metode
takrir dalam menghafal Al-Qur‟an berpengaruh secara signifikan sebesar 34,7%
terhadap hasil belajar Al-Qur‟an Hadist kelas VIII MTS Hidayatul Muslimin I
Kubu Raya. |
en_US |