PENGARUH METODE TAKRIR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII DI MTS HIDAYATUL MUSLIMIN I KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author Nadila, Nur
dc.date.accessioned 2023-05-09T03:28:11Z
dc.date.available 2023-05-09T03:28:11Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2910
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah di Kelas VIII Mts Hidyatul Muslimin I Kubu Raya yaitu rendahnya hasil belajar Al-Qur‟an Hadist. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui penerapan metode takrir dalam menghafal Al-Qur‟an siswa kelas VIII. (2) Mengetahui hasil belajar AlQur‟an Hadits siswa kelas VIII. (3) Mengetahui pengaruh yang signifikansi metode takrir dalam Menghafal Al-Qur‟an Terhadap Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits siswa kelas VIII di Mts Hidayatul Muslimin I Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII MTS Hidayatul Muslimin I Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 2 kelas (63 siswa). Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu semua populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan pengukuran. Alat pengumpulan data yang digunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan (1) Analisis instrument berupa validitas isi, perbutir dan keseluruhan butir, realibilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda (2) Analisis deskriptif berupa penerapan metode takrir dalam menghafal Al-Qur‟an dan hasil belajar Al-Qur‟an Hadist dan (3) Analisis pengaruh berupa pemeriksaan asumsi normalitas, persamaan regresi, uji kesesuian model linier, uji hipotesis serta indeks determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode takrir dalam menghafal Al-Qur‟an pada siswa kelas VIII MTS Hidayatul Muslimin I Kubu Raya memiliki persentase hasil pengamatan 81,55% termasuk pada kategori sangat baik; (2) Hasil belajar Al-Qur‟an Hadist untuk kelas eksperimen pada saat pretes memiliki nilai rata-rata sebesar 54,52 pada saat postes mengalami peningkatan 23,87 menjadi 78,39%. Sedangkan hasil belajar Al-Qur‟an Hadist di kelas kontrol pada saat pretes memiliki rata-rata persentase sebesar 68,91 dan saat postes mengalami peningkatan 8,97 menjadi 77,88%. Berdasarkan data tersebut baik pretes maupun protes termasuk kategori baik dan (3) Penerapan metode takrir dalam menghafal Al-Qur‟an berpengaruh secara signifikan sebesar 34,7% terhadap hasil belajar Al-Qur‟an Hadist kelas VIII MTS Hidayatul Muslimin I Kubu Raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Takrir dalam menghafal Al-Qur’an en_US
dc.subject Hasil Belajar AlQur’an Hadist. en_US
dc.title PENGARUH METODE TAKRIR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII DI MTS HIDAYATUL MUSLIMIN I KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account