PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA SDN 40 KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Aprilyanti, Media
dc.contributor.author Nopita, Nopita
dc.date.accessioned 2023-05-09T02:28:24Z
dc.date.available 2023-05-09T02:28:24Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2907
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran akhlakul karimah dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam berbuat dan bertingkah laku. Dalam hal ini peneliti menghubungkan peran atau sosok Guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SDN 40 Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya dan apa saja yang dilakukan oleh Guru PAI sebagai peran Guru yang membimbing pembentukan akhlak siswa. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah menjelaskan adanya peran Guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SDN 40 Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya dan apa saja yang dilakukan Guru PAI dalam membentuk Akhlakul Karimah Siswa. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data pada penelitian ini adalah Guru PAI, Siswa dan Kepala sekolah SDN 40 Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Teknik analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan tringulasi sumber dan teori. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1. Interaksi akhlak Siswa kepada Guru dan sesama teman di SDN 40 memang kurang baik dalam akhlak Siswa namun dalam bidang komunikasi tetap berjalan lancar dengan semestinya meskipun memang interaksi antara Siswa dengan sesama teman tidak mencerminkan akhlak yang baik 2. Peran Guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah Siswa di SDN 40 juga sangat penting disini guna untuk membentuk akhlak perlu yang namanya kesabaran ekstra pendidik dalam mendidik sehingga apa yang menjadi tujuan seorang Guru dalam membentuk akhlak Siswa dan tujuan pembelajaran di dalam kelas juga tercapai karena memang konsepnya belajar lalu di amalkan agar ilmu yang di berikan kepada siswa bermanfaat bagi kehidupannya. 3. Hambatan-hambatan dalam membentuk akhlakul karimah Siswa di SDN 40. Proses mendidik anak dengan segala peran guru terlaksanakan baik dari menjadi motivator hingga menjadi evaluator siswa. Dan memang tidak menutup kemungkinan terdapat hambatan-hambatan dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SDN 40 Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya baik dari segi afektif dan psikomotorik juga faktor internal dan eksternal siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru PAI en_US
dc.subject Akhlakul Karimah en_US
dc.title PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA SDN 40 KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account