dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah berupa
minimnya penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada mata
pelajaran Fikih kelas VII di MTs Islamiyah Pontianak. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan tahapan proses
pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif Articulate
Storyline sebagai media pembelajaran Fikih kelas VII pada materi salat
jamak; 2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran multimedia
interaktif Articulate Storyline berdasarkan penilaian ahli; materi, media,
bahasa dan guru mata pelajaran Fikih kelas VII; 3) mengetahui respon peserta
didik kelas VII MTs Islamiyah Pontianak terhadap produk media
pembelajaran yang telah dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development
(R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development,
implementation, and evaluation). Namun pada penelitian ini peneliti hanya
membatasi menjadi ADD (analysis, design, dan development). Sumber data
dalam penelitian ini adalah validator ahli, guru mata pelajaran Fikih dan
peserta didik kelas VII MTs Islamiyah Pontianak. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara dengan instrumen
pengumpulan data berupa lembar penilaian kelayakan, angket respon, lembar
observasi dan pedoman wawancara. Adapun teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis deskriptif untuk menentukan tingkat
kelayakan dan kemenarikan produk pengembangan yang dihasilkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tahapan proses
pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif Articulate
Storyline ada tiga tahapan yang dilakukan yaitu Analysis, design dan
development; 2) Hasil uji validitas didapatkan persentase kelayakan materi
sebesar 87,5%, media 92,5%, bahasa 89,3% serta penilaian guru mata
pelajaran Fikih kelas VII MTs Islamiyah Pontianak sebesar 90,0%.
Kelayakan produk media didapatkan hasil rata-rata sebesar 89,8% yang
menunjukkan hasil sangat layak; 3) Uji respon peserta didik dilakukan dalam
dua tahapan yaitu uji coba terbatas sebesar 90,63% dan uji coba meluas
sebesar 89,06%. Sehingga didapatkan hasil bahwa produk pengembangan
media pembelajaran multimedia interaktif Articulate Storyline sangat baik
dan dapat digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran Fikih
kelas VII. |
en_US |