PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SALAT JAMAK KELAS VII DI MTS ISLAMIYAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Oviyanti, Marlinda
dc.date.accessioned 2023-05-08T07:37:34Z
dc.date.available 2023-05-08T07:37:34Z
dc.date.issued 2022-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2899
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah berupa minimnya penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Fikih kelas VII di MTs Islamiyah Pontianak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan tahapan proses pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif Articulate Storyline sebagai media pembelajaran Fikih kelas VII pada materi salat jamak; 2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran multimedia interaktif Articulate Storyline berdasarkan penilaian ahli; materi, media, bahasa dan guru mata pelajaran Fikih kelas VII; 3) mengetahui respon peserta didik kelas VII MTs Islamiyah Pontianak terhadap produk media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Namun pada penelitian ini peneliti hanya membatasi menjadi ADD (analysis, design, dan development). Sumber data dalam penelitian ini adalah validator ahli, guru mata pelajaran Fikih dan peserta didik kelas VII MTs Islamiyah Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian kelayakan, angket respon, lembar observasi dan pedoman wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif untuk menentukan tingkat kelayakan dan kemenarikan produk pengembangan yang dihasilkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tahapan proses pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif Articulate Storyline ada tiga tahapan yang dilakukan yaitu Analysis, design dan development; 2) Hasil uji validitas didapatkan persentase kelayakan materi sebesar 87,5%, media 92,5%, bahasa 89,3% serta penilaian guru mata pelajaran Fikih kelas VII MTs Islamiyah Pontianak sebesar 90,0%. Kelayakan produk media didapatkan hasil rata-rata sebesar 89,8% yang menunjukkan hasil sangat layak; 3) Uji respon peserta didik dilakukan dalam dua tahapan yaitu uji coba terbatas sebesar 90,63% dan uji coba meluas sebesar 89,06%. Sehingga didapatkan hasil bahwa produk pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif Articulate Storyline sangat baik dan dapat digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran Fikih kelas VII. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan Media Pembelajaran en_US
dc.subject Multimedia Interaktif en_US
dc.subject Articulate Storyline en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SALAT JAMAK KELAS VII DI MTS ISLAMIYAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account