PENGARUH PENGGUNAAN METODE MURI-Q (MUROTTAL IRAMA QUR’AN) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 2 KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Winanda, Muhammad Reza
dc.date.accessioned 2023-05-08T06:47:46Z
dc.date.available 2023-05-08T06:47:46Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2897
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya 25% peserta didik kelas V MIN 2 Kubu Raya yang masih kesulitan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Adapun masalah-masalah yang ditemukan yaitu terdapat sebagian peserta didik yang kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil, makhraj, mad, ghunnah, serta hukum bacaan nun mati dan tanwin. Sehingga dari permasalahan tersebut peneliti tertarik dengan salah satu metode yaitu metode Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) dalam upaya meningkatkan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas V MIN 2 Kubu Raya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain pre test – post test control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIN 2 Kubu Raya yang berjumlah 58, yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas A sebagai kelompok eksperimen dan kelas B sebagai kelompok kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Mann Whitney sebagai uji hipotesis penelitian ini, setelah melalui dua uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas V MIN 2 Kubu Raya dengan kesimpulan berikut. Pertama, penggunaan metode Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) pada peserta didik kelas V MIN 2 Kubu Raya terlaksana dengan kategori sangat tinggi. Kedua, hasil kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas V MIN 2 Kubu Raya, pada kelompok eksperimen diperoleh hasil nilai ratarata pre test 62,31 dan post test 73,10. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh hasil nilai rata-rata pre test 64, 86 dan post test 70,28. Maka dapat diketahui peningkatan hasil nilai rata-rata post test kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol dengan selisih angka 5,37. Ketiga, berdasarkan hasil hipotesis menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca AlQur’an pada peserta didik kelas V MIN 2 Kubu Raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Muri-Q en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE MURI-Q (MUROTTAL IRAMA QUR’AN) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 2 KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account