dc.description.abstract |
Shopee merupakan aplikasi belanja online yang dapat digunakan untuk
membeli dan menjual produk dengan mudah dan cepat. Shopee dikenal sebagai
marketplace yang memberikan kemudahan dalam penggunaan aplikasinya dan
kelengkapan produk yang ditawarkan kepada konsumennya. Kedua hal tersebut
dapat menjadi penentu seberapa besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian
pengguna Shopee di Kota Pontianak.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan
dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian secara daring pengguna
aplikasi Shopee di kota Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat
kota Pontianak yang telah menggunakan aplikasi Shopee minimal dua kali
sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
kuesioner yang diolah menggunakan program aplikasi SPSS versi 25. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan
penggunaan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian secara
daring pengguna aplikasi Shopee di kota Pontianak, yang dibuktikan dengan nilai
Thitung > Ttabel (3,151 > 1,985) dengan nilai sig 0,002 < 0,05. Kelengkapan
produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian secara daring
pengguna aplikasi Shopee di kota Pontianak, yang dibuktikan dengan nilai Thitung
> Ttabel (5,486 > 1,985) dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan berdasarkan
hasil perhitungan uji statistik simultan, kemudahan penggunaan dan kelengkapan
produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara daring
pengguna aplikasi Shopee di kota Pontianak, yang dibuktikan dengan F hitung > F
tabel (43,302 > 3,094) dengan nilai sig 0,000 < 0,05. |
en_US |