PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA DARING PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.advisor Widiati, Ari
dc.contributor.author Salsabila, Naila
dc.date.accessioned 2023-05-03T02:51:31Z
dc.date.available 2023-05-03T02:51:31Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2843
dc.description.abstract Shopee merupakan aplikasi belanja online yang dapat digunakan untuk membeli dan menjual produk dengan mudah dan cepat. Shopee dikenal sebagai marketplace yang memberikan kemudahan dalam penggunaan aplikasinya dan kelengkapan produk yang ditawarkan kepada konsumennya. Kedua hal tersebut dapat menjadi penentu seberapa besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee di Kota Pontianak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian secara daring pengguna aplikasi Shopee di kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Pontianak yang telah menggunakan aplikasi Shopee minimal dua kali sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner yang diolah menggunakan program aplikasi SPSS versi 25. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian secara daring pengguna aplikasi Shopee di kota Pontianak, yang dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel (3,151 > 1,985) dengan nilai sig 0,002 < 0,05. Kelengkapan produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian secara daring pengguna aplikasi Shopee di kota Pontianak, yang dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel (5,486 > 1,985) dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan uji statistik simultan, kemudahan penggunaan dan kelengkapan produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara daring pengguna aplikasi Shopee di kota Pontianak, yang dibuktikan dengan F hitung > F tabel (43,302 > 3,094) dengan nilai sig 0,000 < 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemudahan Penggunaan en_US
dc.subject Kelengkapan Produk en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.title PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA DARING PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account