PENERAPAN SIKAP BERSIH TERHADAP LINGKUNGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Rohmawati, Rohmawati
dc.date.accessioned 2023-04-12T02:39:42Z
dc.date.available 2023-04-12T02:39:42Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2704
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Penerapan sikap bersih terhadap prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin; 2) Penerapan sikap bersih terhadap sarana di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin; 3) Penerapan sikap bersih warga Madrasah sehari-hari di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin. Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pimpinan madrasah, wali kelas III, Wali kelas II, serta 29 siswa yang menjadi sumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan studi dokumen. Alat pengumpul data yang digunakan meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara, dan bukti-bukti dokumentasi berupa arsip madrasah, audio untuk merekam percakapan antara pewawancara dan narasumber, catatan lapangan hasil pengamatan penelitian serta kamera untuk mengabadikan kegiatan pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Terakhir teknik keabsahan data member chek dan triangulasi data untuk memastikan bahwa data sudah sesuai Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa (1) Warga madrasah belum melakukan penerapan sikap bersih prasarana dengan baik. Hal ini di buktikan warga madrasah belum memberikan respon yang tepat ketika melihat keadaan prasarana yang kotor. Contohnya ruang kantor dan kelas yang berdebu, tumpukan sampah yang berserakan dekat tempat parkir, selokan air banjir, toilet siswa kotor, dan dinding kelas yang terdapat banyak coret-coretan, (2) Warga madrasah belum melakukan penerapan sikap bersih sarana dengan baik. Hal ini di buktikan warga madrasah belum memberikan reaksi yang tepat ketika melihat keadaan sarana yang kotor. Contohnya banyak terdapat sampah di laci meja siswa, meja dan kursi siswa banyak terdapat coretcoretan, lemari kelas yang berdebu, meja dan kursi guru yang sering berdebu dikarenakan tidak di beri taplak meja, (3) Warga madrasah belum melakukan penerapan sikap bersih sehari-hari di madrasah dengan baik. Hal ini di buktikan warga madrasah belum memberikan tanggapan yang tepat ketika melihat keadaan lingkungan madrasah yang kotor. Contohnya sampah yang berserakan di selokan air dan tempat parkir, tempat cuci tangan yang berlumut, selokan dan saluran air yang banjir, serta rumput yang sudah tinggi-tinggi di depan halaman madrasah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Sikap bersih en_US
dc.subject Lingkungan en_US
dc.subject Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.title PENERAPAN SIKAP BERSIH TERHADAP LINGKUNGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account