KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DI SMK NEGERI 04 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Aulia, Dina
dc.date.accessioned 2023-04-12T01:57:46Z
dc.date.available 2023-04-12T01:57:46Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2702
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kompetensi profesional guru dalam mengelola kelas yang terdiri dari: 1) Cara guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan penataan ruang kelas di SMK Negeri 04 Pontianak; 2) Metode yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar di SMK Negeri 04 Pontianak; 3) Media yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar di SMK Negeri 04 Pontianak; 4) Cara guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 04 Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 04 Pontianak; 2) Sumber sekunder adalah siswa kelas X di SMK Negeri 04 Pontianak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis model interaktif. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Guru PAI kompeten dalam melakukan penataan ruang kelas dengan cara sebelum memulai pembelajaran guru menata tempat duduk siswa seperti dengan model klasikal, diskusi kelompok, dan lingkaran. Guru juga memperhatikan kedisiplinan siswa seperti dalam berpakaian dan keluar masuk kelas. Guru mengarahkan siswa untuk menjaga kebersihan dan keindahan kelas, serta memperhatikan kelengkapan kelas; 2) Guru PAI kompeten dalam menggunakan metode pembelajaran seperti dengan menetapkan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Selanjutnya Metode yang digunakan dapat membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran serta pemilihan metode tersebut disesuaikan dengan tujuan dan materi pembelajaran. Selain itu metode yang digunakan dapat membuat siswa menciptakan hasil karya seperti menulis kaligrafi, serta membuat siswa dapat belajar mandiri dan memperoleh ilmu pengetahuan melalui usaha pribadi; 3) Guru PAI kompeten dalam menggunakan media pembelajaran seperti powerpoint, video, poster, boneka, papan tulis dan media tersebut disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran serta media pembelajaran tersebut mudah untuk didapatkan dan guru tidak terlalu mengalami kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran. Akan tetapi terdapat beberapa guru yang mengalami hambatan waktu dalam penggunaan media pembelajaran karena waktu yang dipangkas; 4) Guru PAI kompeten dalam menciptakan motivasi belajar siswa seperti dengan memberikan nasehat, dorongan, dan semangat belajar kepada siswa dalam proses pembelajaran. Terdapat juga penghargaan yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran berupa nilai plus (tambahan), applause (tepuk tangan), dan pujian yang diberikan kepada siswa untuk menunjang semangat siswa mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, guru juga mencari tahu dan menangani siswa yang kurang semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar dengan cara yang berbeda-beda, serta guru membuat kegiatan yang menarik dalam proses pembelajaran dengan metode yang berbeda-beda agar siswa tetep semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kompetensi Profesional en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject Mengelola Kelas en_US
dc.title KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DI SMK NEGERI 04 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account