dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Tingkat kecerdasan
emosional pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di UPT
Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Pontianak. (2) Tingkat stress
pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di UPT
Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Pontianak. (3) Hubungan kecerdasan
emosional terhadap stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak
berkebutuhan khusus di UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Pontianak.
Dan (4) Besar kecerdasan emosional mempengaruhi stres pengasuhan pada orang
tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di UPT Layanan Disabilitas dan
Asesmen Center Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
korelasional. Populasi penelitian adalah orang tua yang memiliki anak
berkebutuhan khusus berjumlah 50 orang, sampel penelitian ini adalah orang tua
yang memiliki anak berkebutuhan khusus berjumlah 40 orang. Pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu skala kecerdasan emosional dan stres pengasuhan. Hasil
penelitian menunjukkan (1) Tingkat kecerdasan emosional orang tua yang
memiliki anak berkebutuhan khusus di UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen
Center Pontianak berada pada kategori sedang dengan persentase 60%. (2)
Tingkat stres pengasuhan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan
berkebutuhan khusus di UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Pontianak
berada pada kategori sedang dengan persentase 62,5%. (3) Hasil penelitian
menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan
emosional dan stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan
khusus di UPT Layanan disabilitas dan Asesmen Center Pontianak dengan
korelasi sebesar -0,716. (4) Besarnya kecerdasan emosional mempengaruhi stres
pengasuhan sebesar 51,2% dan dari persentase tersebut maka terlihat bahwa masih
terdapat 48,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini contohnya dukungan pasangan dan penerimaan diri. Dengan
demikian Ha diterima dan Ho ditolak. |
en_US |