HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP STRES PENGASUHAN PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI UPT LAYANAN DISABILITAS DAN ASESMEN CENTER PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnanto, Muhammad Edi
dc.contributor.advisor Yusriadi, Yusriadi
dc.contributor.author Hariana, Fatana
dc.date.accessioned 2023-03-30T01:48:17Z
dc.date.available 2023-03-30T01:48:17Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2633
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Tingkat kecerdasan emosional pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Pontianak. (2) Tingkat stress pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Pontianak. (3) Hubungan kecerdasan emosional terhadap stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Pontianak. Dan (4) Besar kecerdasan emosional mempengaruhi stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus berjumlah 50 orang, sampel penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus berjumlah 40 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kecerdasan emosional dan stres pengasuhan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat kecerdasan emosional orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Pontianak berada pada kategori sedang dengan persentase 60%. (2) Tingkat stres pengasuhan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan berkebutuhan khusus di UPT Layanan Disabilitas dan Asesmen Center Pontianak berada pada kategori sedang dengan persentase 62,5%. (3) Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di UPT Layanan disabilitas dan Asesmen Center Pontianak dengan korelasi sebesar -0,716. (4) Besarnya kecerdasan emosional mempengaruhi stres pengasuhan sebesar 51,2% dan dari persentase tersebut maka terlihat bahwa masih terdapat 48,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini contohnya dukungan pasangan dan penerimaan diri. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.subject Stres Pengasuhan en_US
dc.title HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP STRES PENGASUHAN PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI UPT LAYANAN DISABILITAS DAN ASESMEN CENTER PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account